Wagub Sulsel Minta Pemkab Bulukumba Maksimalkan Dua Komoditi Unggulannya

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang. (int)
PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang meminta kepada pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk mengembangkan dua komoditi hasil perkebunan Bulukumba, yakni biji mente dan kopi.

Menurutnya, dua komoditi tersebut belum berkembang secara maksimal, namun sudah dikenal luas diluar daerah bahkan dinikmati diluar negeri.

“Biji mente asal Kabupaten Bulukumba disamping ukurannya yang besar juga rasanya sangat digemari oleh keluarga kerjaaan Inggris,” terang Aguspada HUT Bulukumba, Sabtu (4/2/2017).

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan itu mengatakan, bahwa setiap perayaan hari Natal dan Tahun Baru di Istana Kerajaan katanya selalu disiapkan dan disajikan biji mente untuk keluarga besar Kerajaan Inggris dan para tamu penting kerajaan.

Bukan hanya itu, Kabupaten Bulukumba juga memiliki komuditi Kopi yang dianggap memiliki kualitas yang bagus. Agus mengatakan bahwa dirinya pernah menikmati kopi Kahayya yang dikembangkan di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.

Kopi Kahayya memiliki kualitas dan rasa yang tidak kalah dengan kopi arabika Toraja dan Mamasa yang nilai ekonominya sangat tinggi hingga mencapai Rp. 40.000,- lebih untuk pasaran lokal, dan Rp.500.000,- per kilonya dipasaran Internasional seperti di Jepang.

“Saya pernah kedaerah Kahayya dan disana saya menikmati kopinya yang sangat luar biasa, rasanya tidak kalah dengan kopi arabika asal Toraja dan Mamasa yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi,” tambahnya.

Namun menurut Wakil Gubernur Sulsel dua periode tersebut kedua komoditi hasil perkebunan tersebut belum dikembangkan secara maksimal sehingga secara kuantitas masih sangat terbatas. Ia berharap kepada Dinas Perkebunan agar mengoptimalkan pengembangan kedua komoditi tersebut.(*)

 

 

Gerinra Sulawesi Selatan