Polemik PKH, KNPI Minta Persoalan Data Segera Diselesaikan, Pendamping PKH Jangan di Kambing Hitamkan

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Terkait polemik data Program Keluarga Harapan (PKH) antara pemerintah Provinsi Gorontalo dan Menteri Sosial, Risma, Ketua DPD KNPI Provinsi Gorontalo Ghalieb Lahidjun meminta agar pihak terkait segera menyelesaikan persoalan data bantuan agar program untuk masyarakat tepat sasaran.

Kekeliruan pendataan ini tidak hanya terjadi di Gorontalo, tapi secara nasional beberapa daerah lain juga mengalami hal yang sama. Senin (4/10/20201)

Dalam beberapa kasus justru pendamping PKH yang sering dijadikan ‘kambing hitam’ atas kejadian kesalahan pemadanan data bantuan ke masyarakat.

“Para pendamping PKH itu harus diberikan sistem yang valid dilapangan dalam melakukan evaluasi kepada para penerima bantuan sosial karena mereka itu front line yang setiap harinya berhadapan dengan masyarakat untuk memastikan program pemerintah tersampaikan atau tidak, ketika terjadi kesalahan yang menjadi ‘kambing hitam’ adalah pendamping PKH, seperti beberapa hari lalu di Gorontalo”. Terangnya.

Ghalieb merasa prihatin dengan menurunnya kepercayaan publik kepada pendamping PKH padahal mereka sudah bekerja dengan baik dilapangan.

“Kejadian di Gorontalo sangat merugikan pendamping PKH, seolah-olah mereka telah berbuat kesalahan fatal yang mengakibatkan citra mereka rusak dimata masyarakat, kekeliruan dalam pemadanan data yang saat ini terjadi segera diperbaiki, agar para pendamping PKH bisa bekerja dengan baik, nama baik mereka harus dipulihkan”. Tegasnya.(*)

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC