banner dprd mkassar

Hari Dharma Wanita Nasional, Pemkot Parepare Apresiasi Peran Penting Wanita Majukan Bangsa

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, PAREPARE –
Pemerintah Kota Parepare mengucapkan Selamat Hari Dharma Wanita Nasional 2023, yang jatuh pada Sabtu (5/8/2023).

“Bertepatan dengan Hari Dharma Wanita Nasional, mari kita apresiasi peran penting wanita dalam memajukan bangsa melalui generasinya yang cerdas dan berkualitas,” tulis Humas Pemkot Parepare di akun media sosial resminya, Sabtu (5/8/2023).

Dharma Wanita merupakan organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, memberikan pelayanan, menjaga nilai dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Dilansir dari laman resmi Dharma Wanita, organisasi tersebut didirikan sejak 5 Agustus 1974 oleh Ketua Dewan Pembina KORPRI, Amir Machmud, pada masa Pemerintahan Orde Baru. Sedangkan yang memprakarsainya adalah Ibu Negara Tien Soeharto.

Awalnya Dharma Wanita beranggotakan istri pegawai RI, anggota ABRI yang dikaryakan, dan pegawai BUMN. Namun, era Reformasi 1998 membawa perubahan sehingga organisasi tersebut menjadi organisasi sosial kemasyarakatan yang netral dari politik, independen, dan demokrasi.

Saat masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, nama Dharma Wanita berganti menjadi Dharma Wanita Persatuan. Penambahan kata “persatuan” disebabkan karena terjadinya penyesuaian nama dengan Kabinet PersatuanNasional.

Tak hanya itu, Dharma Wanita Persatuan juga menjadi organisasi mandiri dan demokrasi. Pada Munas Luar Biasa tanggal 6-7 Desember 1999, seluruh rancangan Anggaran Dasar disahkan bersamaan dengan terpilihnya Ny. Dr. Nila F. Moeloek sebagai ketua umum.(*)

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *