LSM Garuda Hitam Gelar Orientasi Pengurus dan Rapat Kerja, Undang berbagai Unsur

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR  – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Garuda Hitam menggelar kegiatan Orientasi Pengurus dan Rapat Kerja I di Hotel Continent, Jalan Adhyaksa, Kota Makassar pada Sabtu (1/10/2022). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota dari LSM Garuda Hitam yang ada Sulawesi Selatan.

Ketua Umum LSM Garuda Hitam Andi Satria Hamzah menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya LSM Garuda Hitam untuk memberi pengetahuan mendalam kepada seluruh pengurus dan anggotanya mengenai cara pandang, kerja dan penguatan jejaring keorganisasian.

“‘Sebagaimana tujuan dibentuknya LSM Garuda Hitam yakni sebagai organisasi terdepan yang akuntabel dan terpercaya mengawal aspirasi masyarakat,” kata Andi Satria, Sabtu (1/10/2022).

Tak tanggung-tanggung, pemateri-pemateri yang dihadirkan merupakan pakar di bidangnya masing-masing. Mereka adalah pengamat sekaligus akademisi Arqam Azikin, LSM senior sekaligus aktivis Andi Arifin, Kanit Tipidkor Ditkrimsus Polda Sulsel Ipda Rijal dan Kepala Kejaksaan Negeri Takalar Salahuddin.

“Dalam kegiatan ini kita hadirkan pemateri yang mumpuni agar anggota-anggota bisa paham dan mengerti orientasi didirikannya LSM Garuda Hitam,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Panglima Legend Kiwal Garuda Hitam itu.

Sementara itu, Ketua Harian LSM Garuda Hitam Mustafa Al-Aidid menjelaskan bahwa selain memberikan pengetahuan mendalam tentang orientasi LSM Garuda Hitam, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya penguatan jejaring keorganisasian.

“LSM Garuda Hitam ini kan baru berdiri sekitar 1 tahun lebih, dan kepengurusan baru terbentuk di 4 kabupaten dan kota yakni Makassar, Maros, Gowa dan Bone, dengan jumlah pengurus dan anggota sekitar 70 orang,” ucap pria yang akrab disapa Kang Mus itu.

Dia menambahkan bahwa ke depannya, LSM Garuda Hitam akan membentuk kepengurusan di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Selatan. Tak hanya itu Kang Mus juga mengaku menargetkan kepengurusan di beberapa wilayah di luar Sulawesi Selatan seperti Bali dan beberapa wilayah di pulau Jawa.

“Tentu kita targetkan untuk membentuk kepengurusan secara utuh di seluruh penjuru Sulsel. Bahkan di beberapa wilayah di luar Sulsel agar LSM Garuda Hitam bisa menasional,” dia memungkasi.

Terpisah Ketua Dewan Pembina dan Penasihat LSM Garuda Hitam, Andi Herlin berharap LSM Garuda Hitam bisa terus mengembangkan sayapnya dan betul-betul menjadi wadah yang bisa membawa perubahan di tengah masyarakat. Apalagi belakangan citra LSM di masyarakat selalu digambarkan dengan hal-hal yang kurang baik.

“Tentu kita berharap LSM Garuda Hitam bisa menjadi corong masyarakat dan membantu menyuarakan keluhan-keluhan yang ada di masyarakat. Selain itu, tentu kita juga berharap lembaga ini bisa menjadi mitra strategis TNI, Polri dan pemerintah,” ucap Andi Herlin.(*)