banner dprd mkassar

Dibuka Langsung Kadis Kominfo Makassar, HMJ Jurnalistik UIN Alauddin Gelar Hari Pertama PRJ 2022

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Peringati HUT Jurusan Jurnalistik ke-17, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurnalistik UIN Alauddin menggelar hari pertama Pekan Raya Jurnalistik (PRJ) tahun 2022 di Parkiran Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Senin (5/12/2022).

Jika PRJ sebelumnya mengusung tema ‘Ecological Justice’ yang berfokus pada aspek kepedulian terhadap lingkungan, kini PRJ 2022 mengangkat tema ‘Efflorescence’ yang menekankan pada pemberdayaan dan wadah bagi anak-anak yang terkena dampak ketimpangan sosial.

Di awal acara, dibuka dengan budaya Angngaru dan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Mahyudin selaku Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Makassar.

Acara yang dipandu oleh dua Kartini Jurnalistik yaitu Usfa DP dan Nur Aenum Dewi Putri ini selanjutnya diikuti dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Dalam Sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Mahyudin mengatakan bahwa kegiatan ini ialah inkubator bagi para mahasiswa dan mahasiswi Jurnalistik demi menciptakan jurnalis yang handal.

Selain itu, tema yang diangkat oleh PRJ 2022 kali ini, kata Mahyudin merupakan pekerjaan rumah bagus Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam mensejahterakan anak.

“Tentu ini adalah pekerjaan rumah bagi pemerintah kota Makassar, untuk bagaimana memberikan pendidikan dan bagiamana anak-anak bisa bersekolah, tapi berkaitan dengan itu Pemkot Makassar juga sudah mengeluarkan program Jagai Anak’ta, ini sebenernya lebih kepada orang tua bisa mengawasi anaknya bisa memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya,” ujarnya.

Selanjutnya, Mahyudin kemudian membuka acara PRJ 2022 dengan mengajak para hadirin untuk bersama-sama membaca basmalah.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim secara resmi saya buka Pekan Raya Jurnalistik 2022” jelasnya.

Disisi lain, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Firdaus Muhammad mengatakan bahwa ini adalah PRJ yang ke-8, ia juga mengapresiasi adanya PRJ kali ini apalagi dengan adanya pameran karya foto dan dialog berbobot yang dapat membuka pikiran para civitas akademika.

“Belum lagi temanya yang sangat humanis terkait dengan eksploitasi anak, ada bentuk diskusinya, ada filmya,” bebernya.

Kemudian, Ketua HMJ Jurnalistik Meriam Usman juga sangat mengapresiasi kegiatan ini yang membuka pembicaraan terkait dengan ketimpangan dan realitas yang terjadi di sekitar kita khususnya anak-anak.

Pada PRJ 2022 kali ini, HMJ Jurnalistik menghadirkan sederet hal menarik seperti pameran fotografi dari para mahasiswa Jurnalistik,

Turut hadir, Ketua Jurusan (Kajur) Jurnalistik, Muhammad Nur Latief, Sekretaris Jurusan (Sekjur) Jurnalistik, Mundzira Nur Amrullah, para mahasiswa dan alumni Jurusan Jurnalistik dan pengunjung lainnya.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *