Turun Lihat Kondisi Warganya, Taufan Janji Bantuan Disalurkan Pekan Ini

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, bergerak cepat ke lapangan untuk mengunjungi dan meninjau langsung kondisi warga yang menjadi korban bencana angin kencang yang melanda sejumlah rumah di Parepare, Senin (06/01/2020).

Taufan didampingi Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, Sekda Parepare Iwan Asaad, Direktur PDAM Parepare Andi Firdaus Djollong, dan sejumlah kepala SKPD dalam lingkup Pemerintah Parepare, meninjau beberapa kelurahan.

Taufan mengatakan, setidaknya lebih 100 rumah yang terkena dampak angin kencang yang terjadi pada Minggu sore lalu. Dan pihaknya, kata Taufan, masih terus melakukan validasi.

Setelah perampungan data atas rumah warga yang terkena dampak angin kencang, kata Taufan, dalam tiga hari ke depan, pihaknya akan menyalurkan bantuan sebagai ganti rugi atas musibah tersebut, berupa seng dan papan darurat.

“Untuk kerugian di bawah Rp5 juta, nantinya akan ditangani oleh BPBD Parepare, dan jika di atas Rp5 juta, akan diproses melalui BKD,” ungkap Taufan.

Taufan menambahkan, pihaknya meminta warga untuk terus waspada, dan ke depannya akan melakukan penataan ruang terbuka hijau. “Kami harap warga tetap bersabar, dan mengambil hikmah atas musibah ini,” tandasnya.

Berdasarkan data BPBD Parepare, bencana terakhir yang terlapor hari ini, kerusakan rumah berat sebanyak 137, sedang 72, dan ringan 237 dengan total 426 rumah. Jumlah tersebut diperkirakan masih bertambah, sejalan dengan validasi yang dilakukan tim data.(*)

Pemkot Makassar SC