banner dprd mkassar

Musrenbang RKPD Makassar 2024, Danny Pomanto Tekankan 3 Poin Penting

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR –
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menekankan tiga poin utama yang harus diperhatikan oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) pada Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Makassar 2024, yang digelar oleh Bappeda Kota Makassar, di Hotel Claro, Selasa (6/3).

Poin pertama, Ia mengatakan pentingnya musrenbang dalam menentukan arah pembangunan suatu kota. Di mana, seluruh usulan-usulan dari masyarakat hingga usulan terkecil sekali pun memberikan dampak yang signifikan terhadap performa kota Makassar.

“Bagaimana kegunaan musrenbang itu, bukan sekedar usul habis itu hilang usulannya, tapi usulan-usulan sekecil apapun dari paling bawah itu akan membuat performa kita itu akan terlihat di situ,” ungkap Danny Pomanto, sapaan akrabnya.

Seperti, contohnya yakni pada kegiatan-kegiatan internasional, Kota Makassar dikenal dengan program lorong wisata, pengelolaan RT/RW dan penanganan pandemi Covid-19.

“Bagaimana kita memberdayakan D’Lor itu semua jadi perhatian dunia. Jadi saya saya menyampaikan bagaimana pentingnya musrenbang,” terang Danny.

Hal ini, kata Danny, menunjukkan betapa pentingnya musrenbang dalam memperhatikan kebutuhan masyarakat dan meningkatkan citra kota di mata dunia.

Poin kedua, Danny melanjutkan adanya respon positif dari pemerintah pusat terkait usulan-usulan dari masyarakat kota Makassar untuk segera dilakukan untuk pembenahan.

“Alhamdulillah respon pemerintah pusat oleh Bapak Presiden langsung tentang begitu banyak harapan-harapan masyarakat,” ucap Danny

Di mana, Presiden RI Joko Widodo telah menyampaikan kepada dirinya beberapa waktu lalu, untuk seluruh usulan-usulan masyarakat Kota Makassar jika tidak dapat dilanjutkan oleh Presiden Jokowi.

Maka, Presiden RI Jokowi meminta untuk pemerintahan selanjutnya untuk menindalanjuti usulan-usulan masyarakat.

“Dan beliau sampaikan bahwa itu akan di titipkan oleh menjadi pokok-pokok utama yang akan dilanjutkan oleh pemerintah berikutnya,” lanjut Danny.

Poin terakhir yakni pemberian apresiasi dan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah memberikan usulan untuk dicatat dengan baik dalam sejarah.

Hal itu, tambah Danny, dapat dijadikan motivasi sehingga banyak yang ingin membuat ide-ide yang baru dalam membangun Kota Makasssar.

“Penghargaan kepada orang-orang yang memberi ide itu harus dicatat dengan baik tercatat dalam sejarah itu, sehingga orang selalu mau membuat ide-ide baru untuk kota kita,” tutup Danny.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *