banner dprd mkassar

PKM Sosialisasi Peningkatan Produktivitas Petani Dengan Alat Pempil Cengkeh

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) tema “Peningkatan Produktvitas Petani dengan Alat Pemipil Cengkeh” dengan ketua tim Dr. Zainal Abidin, S.P.,M.Si yang merupakan salah satu dosen Fakultas Pertanian Universitas Ichsan Gorontalo. Kegiatan dilaksanakan di Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo sejak Juli 2023. Selasa (5/9/2023).

Kegiatan diawali dengan sosialisasi untuk memberi gambaran kepada petani terkait cara kerja alat pemipil cengkeh. Selain itu, sebagai bagian dari kegiatan PKM juga dilakukan pelatihan pembuatan pupuk organik dengan bahan yang mudah diperoleh oleh petani, seperti serasah jagung, dedaunan, ranting, serbuk gergaji, rerumputan dan daun gamal.

Selaku anggota tim PKM I Made Sudiarta menyampaikan bahwa pupuk organik dapat petani buat sendiri dengan bahan sisa – sisa dari pertanian yang kemudian difermentasi untuk diaplikasikan pada tanaman.

Alat pemipil cengkeh memudahkan dan menghemat waktu petani dalam memipil cengkeh setelah panen yang selama ini diakukan dengan manual, Dr. Zainal Abidin, S.P.,M.Si menuturkan “dengan alat ini petani bisa menghemat waktu pipil cengkeh hingga 70%”.

Mitra sasaran Kelompok Tani Dulamayo Puncak menerima dengan baik program yang dibawakan oleh tim PKM Universitas Ichsan Gorontalo terlihat dari antusiasnya kelompok tani beserta anggotanya dari setiap kegiatan yang dilaksanakan, Selaku ketua kelompok tani Arfan Ishak menuturkan bahwa “alat pemipil ini belum pernah kami lihat sebelumnya dan sangat membantu petani cengkeh setelah panen, selama ini hanya memipil manual dan membutuhkan waktu yang sangat lama”.

Tanggal 5 September 2023 telah dlakukan penyerahan alat pemipil cengkeh kepada kelompok tani Dulamayo Puncak yang diterima langsung oleh bapak Arfan Ishak selaku ketua kelompok dan disaksikan oleh anggota kelompok tani berserta masyarakat sekitar yang antusias menyaksikan simulasi penggunaan alat pemipil tersebut.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *