Pemkab Sidrap Godok Nama Tokoh Untuk Dijadikan Nama di Makassar

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Pemerintah kabupaten Sidrap  tengah menggodok nama-nama para tokoh yang dinilai berjasa disulawesi selatan hususnya di Kabupaten Sidrap, penggodokan nama itu berdasarkan permintaan pemerintah kota Makassar yang ingin mengabadikan sejumlah nama tokoh asal sidrap itu sebagai nama jalan di kabupaten Sidrap.

“Berdasarkan usulan dari tokoh masyarakat dan pemerintah kabupaten Sidrap yang hadir dalam rapat ini, di usulkan kurang lebih ada  12 nama tokoh,” ungkap kepala bagian kemasyarakat kabupaten sidrap Nasruddin waris usai mengikuti rapat, Selasa (6/12/2016)

Tokoh-tokoh yang di usulkan kata Nasruddin terbagi dua masa yakni masa sebelum dan masa sesudah kemerdekaan,  meski demikian lanjutnya, nama-nama yang masuk masih akan dirapatkan kembali termasuk merumuskan naskah alasan mengapa tokoh yang dimaksud dipilih untuk diusulkan.

“Kita akan lengkapi lagi datanya, karena yang diusul itu tidak hanya nama, tapi bagaimana peran tokoh itu semasa hidupnya dalam membangun bumi Nenek Mallomo ini,” ujarnya.

Dari dua belas tokoh yang di usulkan lanjutnya, nama tokoh Andi Sapada akan diusulkan sebagai pahlawan nasional ke pemerintah pusat, dan terkait hal itu, pemkab Sidrap telah membentuk tim dan sekretariat peneliti dan pengkajian gelar daerah Sidrap.

“Andi Sapada merupakan bupati pertama di Sidrap, yang menahkodai Sidrap selama kurang lebih 6 tahun mulai tahun 1960 hingga 1966, beliau mengawali pembangunan Sidrap dari nol selain itu konon saat itu juga banyak gangguan keamanan,” tandasnya.(*)

 

Andi Muhammad Fadli