ACC : Pengakuan Tersangka Agung Akan Jadi Bukti Kuat Tersangkakan Bupati Cantik

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi telah melayangkan surat permintaan supervisi kasus dugaan Korupsi program modul eksperimen sains berbasis IT dan program Life Science Dinas Pendidikan yang menggunakan Dana Insentif Daerah (DID) Luwu Utara pada 2011. Surat permintaan tersebut telah dimasukkan sejak 23 Desember lalu.

Dalam surat telah terlampir bahwa pengakuan dan keterangan Agung, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang ditetapkan sebagai tersangka, menjadi point utama laporan Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur ACC Sulawesi Abdul Muthalib mengatakan keterangan dan atau pengakuan tersangka Agung itu sebagaimana dikutip ACC menyatakan, keanehan dirinya ditetapkan sebagai tersangka karena melaksanakan/mengadakan kegiatan yang tidak benar tetapi telah sesuai spesifikasi.

Sementara si perencana kegiatan, penyusun harga, pelaksana proses lelang hingga si pengatur rekanan yang akan dimenangkan tidak diseret sebagai tersangka.

ACC kata Muthalib menilai pengakuan Agung telah menjadi bukti kuat jika kasus ini harusnya juga menetapkan Indah Putri Indriani sebagai tersangka. 

“Kami laporkan pengakuan itu ke KPK karena Polda dan Kejati tampaknya tidak mampu menyeret aktor utama kasus sebagai tersangka. Maka itu mungkin harus lembaga antirasuah sekelas KPK yang mampu melakukan penyeretan itu,” tukas Muthalib.

Tak hanya soal pembingkaian tersangka yang diseret, pelaporan dan permintaan agar KPK mengambil alih kasus ini juga karena ACC menganggap Polda lamban menuntaskan perkara hingga ke pengadilan. Hal ini terbukti saat ini kedua tersangka belum disidang

 “Kasus ini dilaporkan pada Oktober 2015, tetapi baru ditindaklanjuti pada Maret 2016 dan pementasan tersangka pada Juli 2016. Kami berpendapat penanganan kasus ini sengaja diperlambat untuk menghilangkan jejak pelaku utama, ” ujar Muthalib (*)

Andi Muhammad Fadli