Nasib Guru Honorer SMA/SMK Diujung Tanduk

Irman Yasin Limpo, Kadis Pendidikan Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tahun 2017 tak sepenuhnya membawa semangat baru bagi sebagian guru di Sulawesi Selatan yang masih berstatus honorer. Hingga saat ini, nasib mengenai kelanjutan mereka sebagai guru yang berstatus honorer masih diperjuangkan oleh Dinas Pendidikan Sulsel.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo menjelaskan bahwa  saat ini pihaknya masih mengkonsultasikan perihal guru honorer ini kepada Badan Kepegawaian Nasional. Pasalnya, keberadaan guru honorer juga perlu disesuaikan dengan peraturan pemerintah yang telah diatur.

“Pertama kami mau pernyatakan bahwa apakah tidak melanggar Permenpan 48. Kalau guru honorer tidak melanggar Permenpan 48, kami siapkan,” imbuhnya.

Selain persoalan aturan, masalah kapasitas guru honorer juga dipertanyakan. Pasalnya, beberapa syarat seperti pendidikan minimal S-1 dan memiliki kejurusan harus dipegang.

“Apakah guru honorer ini benar ji kah guru. Sudah sesuaikah syarat guru itu dengan guru honorer, sudahkah dia S-1, punyakah akta empat, sesuaikah dengan jurusannya,” tegas Irman.

Tak hanya itu, None sapaan akrab Irman juga tak melupakan mengenai ketersediaan dana untuk memberi para guru honorer ini gaji setiap bulannya.

“Sisa badan keuangan, ada tidak uangnya? lalu BKN dan BPK bilang tidak ada masalah, kenapa tidak,” tutup Irman.(*)

 

 

PEMKOT-Makassar