KNPI, Dekranasda, dan Politani Kolaborasi Untuk Majukan UMKM

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, PANGKEP — Terobosan hebat dilakukan Organisasi Kepemudaan KNPI Pangkep. Bersama Dekranasda Pangkep, organisasi ini menggandeng Politani Pangkep untuk menggagas kerjasama guna memajukan UMKM di Pangkep.

Adapun kolaborasi yang akan diterapkan adalah proses pengolahan, produksi, pengemasan dan pemasaran produk-produk UMKM yang akan dibina pemerintah Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sekretaris Umum KNPI Pangkep, Wahid Perdana Putra saat melakukan audiensi di Politani Pangkep menjelaskan bahwa pada pertemuan tersebut telah terjalin komunikasi untuk bekerjasama. Masing-masing lembaga telah sepakat dalam memajukan UMKM di Pangkep.

“Peran dari tiga lembaga ini pun cukup sentral. Mulai dari pendampingan dan pengolahan akan dilakukan oleh BUMDes yang diawasi KNPI, produksi hingga pengemasan akan difokuskan oleh Politani Pangkep. Sedangkan pemasaran akan dikelola oleh Dekranasda,” ujarnya, Kamis, 6 Mei 2021.

Wakil Bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan KNPI Pangkep, Dzulfadli menambahkan bahwa pada potensi-potensi yang bisa dikembangkan dalam kerjasama ini ada di sejumlah sektor, utamanya perikanan, yakni pengolahan Bandeng yang kemas menjadi Sarden serta makanan Khas Cap yang dikemas lebih menarik.

“Di Pangkep sangat bisa dikembangkan. Apalagi desa-desa yang ada di Pangkep sangat banyak yang mengembangkan budidaya ikan Bandeng,” ujar Fadli.

Direktur Politani Pangkep, Darmawan mengaku bahwa dirinya dan pengurus Politani sangat antusias dalam penjajakan kerjasama tersebut. Sebab, selama ini hanya daerah lain yang telah membangun kerjasama dengan Politani.

“Daerah luar saja kami bantu. Apalagi Kabupaten Pangkep. Politani itu bagian dari Pangkep. Sehingga ini salah satu peran dari Kampus Politani dalam membangun daerah. Alhamdulillah di Politani, semua usulan dan keinginan KNPI dan Dekranasda bisa kami penuhi, utamanya produksi, dan pengemasan. Kita pun akan membangun kerjasama untuk Pangkep yang lebih Hebat,” ujarnya. (*)

Pemkot Makassar SC