Rawan Bencana, BPBD Sidrap Himbau Warga Tetap Waspada

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Potensi bencana di kabupaten Sidrap masih mengintai, karena itu warga diimbau agar tetap waspada. Hal itu di ungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidrap, Siara Barang, Rabu (07/12/2016).

Pria yang akrab disapa Sibar itu mengungkapkan, cuaca hujan masih akan terjadi di kabupaten Sidrap hingga bulan Januari tahun 2017 nanti, hal itu berdasarkan data dari Badan Metereologi Klimotologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi selatan.

“Kami dari BPBD Sidrap selalu memantau hasil prakiraan cuaca yang dilakukan BMKG Sulawesi selatan. Dari pantauan itu kita bisa tahu seperti apa kondisi cuaca di Sidrap,” ujanya.

Karena itu, Ia berharap kepada warga kabupaten Sidrap untuk selalu waspada, utamanya di daerah yang rawan akan bencana dengan melihat tanda-tanda alam.

“Hampir diseluruh kecamatan di Sidrap berpotensi bencana seperti banjir dan angin puting beliung, namun ada tiga kecamatan yang paling rentan, yakni Panca lautang, Tellu limpoe dan maritengae,” katanya.

“Bencana tidak bisa diprediksi kapan terjadi, tapi kami telah melakukan sosialisasi tentang kotegensi bencana, seperti bagaimana menyelamatakan diri dan mengenali tanda-tanda akan terjadinya bencana,” tandasnya.

 

Andi Muhammad Fadli