Wah… Kepala Sekolah SMA di Sulsel Akan Diganti

Kadis Pendidikan Prov. Sulsel, Irman Yasin Limpo. (int)
Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Sejumlah kepala Sekolah SMA dan SMK di Sulsel yang kini menjadi tanggungan Pemerintah Provinsi Sulsel akan diganti, termasuk kepala sekolah hasil lelang jabatan produk Pemerintah Kota Makassar. Para kepala sekolah tersebut diganti ketika tidak memenuhi standar verifikasi yang akan dilakukan pihak Dinas Pendidikan Sulsel.

“Kepala sekolah yang ada saat ini kita mau lihat, apakah kepala sekolah itu sudah punya lisensi yang ditandai dengan memiliki sertifikat mengikuti diklat calon kepala sekolah. Jadi tidak ada lelang-lelang apalagi tunai,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo.

Menurut None, sapaan akrab Irman, menjadi kepala sekolah seharusnya tidak melalui lelang jabatan, melainkan kepala sekolah harus mengikuti berbagai tes dan memenuhi syarat untuk menjadi kepala sekolah.

Semua kepala sekolah SMA dan SMK hasil peralihan kewenangan dari pemerintah kabupaten/kota ke Provinsi hingga kini belum ada yang berubah.

“Tidak ada yang saya rubah, apa yang dikirim dari kabupaten/kota, biarkan saja dulu begitu. Yang pensiun pun kita Plt kan dulu, sambil menunggu diklat calon kepala sekolah yang kami lakukan,” Jelas None.

Diklat kepala sekolah akan digelar secara bertahap dan hasil dari diklat ini akan menentukan siapa kepala sekolah yang akan diganti maupun bertahan.

“Kemarin sudah satu angkatan yang mengikuti, bulan Februari dua angkatan, kalau itu semua sudah dilakukan, kita akan lihat siapa yang lulus dan memiliki lisensi, kalau tidak memiliki lisensi akan ganti yang memili lisensinya,” pungkasnya. (SO)

Andi Muhammad Fadli