Bawaslu: Legislator dan Eksekutif Wajib Cuti Jika Ikut Kampanye

Komisioner Bawaslu Sulsel, Azry Yusuf. (fb)
PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR РJelang kampanye akbar pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Takalar pada 9-10 Februari 2017.  Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel Asry Yusuf mewanti-wanti para pejabat  eksekutif dan legislatif bila mengikuti kampanye akbar paslon harus mengambil cuti.

“Para legislator seperti anggota DPR dan DPRD, dan eksekutif seperti Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, Walikota atau Wakil Walikota, jika ingin ikut kampanye akbar harus mengambil cuti,” Tegas Asry melalui sambungan telepon.

Aturan Cuti tersebut tercantum dalam Peraturan KPU nomor 12 tahun 2016. Tentang eksekutif dan legislatif harus mengambil cuti apabila mengikuti kampanye akbar.

“Selain itu, fasilitas negara seperti mobil dinas tidak diperbolehkan digunakan dalam mengikuti kampanye akbar, jika ditemukan, jelas itu melanggar dan yang bersangkutan dapat diproses,” tegasnya.

Diketahui, kampanye akbar paslon nomor urut 2 Syamsari Kitta-Achmad Dg Serre akan digelar Kamis 9 Februari 2017, dipastikan akan dihadiri oleh sejumlah pejabat eksekutif dan legislatif diantaranya, Bupati Sidrap Rusdi Masse yang merupakan Ketua DPW NasDem Sulsel dan sejumlah Legislator DPRD Takalar dan Provinsi Sulsel.

Dilain pihak kampanye akbar paslon nomor urut 1 Burhanuddin Baharuddin – Natsir Ibrahim 10 Februari nanti, juga dipastikan akan dihadiri oleh Ketua DPR RI dari partai Golkar Setya Novanto dan beberapa Legislator DPR RI lainnya dari seperti, Indira Chunda Thita (PAN), Andi Ridwan Wittiri (PDIP), Hamka B Kady dan sejumlah legislator DPRD Kabupaten Takalar dan Provinsi Sulsel. (SO)

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan