Temuan Satgas Covid Hunter, Pemicu Lonjakan Kasus Covid – 19 di Makassar

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kasus Covid-19 di Sulawesi Selatan terus  bertambah, berdasarkan data dari dinas kesehatan Sulsel,  pada hari rabu sebanyak 485 kasus positif,  Paling banyak tercatat dari Kota Makassar yakni 176 orang, kemudian disusul Jeneponto, 69, Parepare 38, Tana Toraja 30, Bone dan Gowa masing masing 19 orang, Selayar dan Maros masing – masing 15, Luwu Utara 14, luwu Timur dan Pangkep 13,  Palopo dan Luwu Masing masing 13 sementara sejumlah kabupaten lainya masih dibawa 10 kasus.

Berdasarkan data, 485 kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu diperoleh dari pemeriksaan 2.061 sampel.

Untuk di kota Makassar menurut
Plt Kadis Kesehatan Makassar, dr Andi Hadijah Iriani terjadinya lonjakan kasus covid-19 di Makassar, ini terjadi karena satgas Covit Hunter Makassar Recover telah melakukan
tracing, testing dan treatmen
kasus covid – 19 di masyarakat.
Hal itu adalah upaya dari pemerintah kota Makassar mendeteksi memutus mata rantai covid-19.

“Di Makassar memang terjadi lonjakan kasus positif, ini karena satgas covid  hunter terus melakukan tracing, testing dan treatmen kasus covid-19 di Masyarakat. Makin banyak ditemukan terdeteksi itu makin bagus. Karena kita makin mudah mengobati, mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid,” ujar dr Andi Hadijah Iriani.

Ia menegaskan makin banyak temuan kasus Covid, merupakan keberhasilan satgas  Covid Hunter menelusuri kasus Covid-19.

“Ini tentunya keberhasilan tim Covid Hunter mendeteksi dan menelusuri kasus susfect covid-19. Jadi mereka yang terdeteksi kasusnya berat menjalani Isolasi mandiri di Rumah sakit, sedangkan kasus yang ringan jalani Isolasi di rumah, tentunya dengan pengawasan Satgas Hunter,” jelas dr Andi Hadijah Iriani.

Pemerintah kota Makassar untuk memutus mata rantai covid-19 telah melakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro hingga pukul 17.00 wita atau jam 5 sore.

Melonjaknya kasus covid-19 ini, dr Andi Hadijah Iriani meminta Masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan penerapan 5M. “Untuk memutus mata rantai Covid ini, tak henti hentinya kami menghimbau kepada masyarakat agar taat prokes covid,” harapnya.

Total kasus Covid-19 di Sulsel hingga saat ini mencapai 66.265 orang. Sembuh 62.404 orang dan meninggal 1.004 orang.(*)

 

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC