Musda PAN, Ketua Petahana PAN Makassar Dan Selayar Terdepak?

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Peluang dua dari tiga calon petahana ketua DPD PAN terancam. Pasalnya, kepastian nasib mereka untuk menjabat ketua periode ketiganya sepenuhnya ditangan DPP PAN. Tiga petahana tersebut yakni Busra Abdullah (Makassar), Abdul Gani (Selayar), dan Edy Manaf (Bulukumba). DPP PAN disebut telah memutuskan tidak ada tiga periode, kecuali untuk ketua yang dianggap berprestasi.

Wakil Ketua DPW PAN Sulsel Irfan AB mengatakan, pengumuman tiga daerah ini paling lambat disampaikan dalam waktu dekat ini. Rencananya pengumuman tersebut akan diserentakkan dengan hasil Musda DPD Sidrap, Toraja Utara, dan Toraja yang baru akan dilaksanakan hari ini di Kabupaten Sidrap.

Dia mengatakan, untuk Makassar sudah  ada penegasan ketua umum tiga boleh tiga periode. “Makassar dari 5 kursi jadi 4, Bukukumba dan Selayar masih kita tunggu fatwa dari DPP,” katanya.

Selayar sendiri diakui ada penurunan perolehan kursi di pemilu dari 3 kursi menjadi 2 kursi. Sementara Bukukumba ada kenaikan dari sebelumnya 4 menjadi 6 kursi.

“Kita tunggu fatwa resmi dari pimpinan pusat. Bulukumba masih dipertimbangkan,” ujar dia.

Sementra itu, Edy Manaf mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada partai. Namun kepemimpinannya disebut ada kenaikan kursi dari pemilu ke pemilu.

“Awalnya PAN 2 kursi jadi 4. Kemudian dari 4 ini sekarang jadi 6 kursi. Kita serahkan sama partai,” pungkas mantan legislator DPRD Sulsel tersebut. (SO)

Andi Muhammad Fadli