Nyaris 1 Triliun, Banggar DPRD Sulsel Minta Rasionalisasi Anggaran Pilgub

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulsel meminta rasionalisasi usulan anggaran penyelenggaraan pemilihan gubernur (Pilgub) 2018 mendatang. KPU Sulsel untuk pilgub mendatang mengajukan kebutuhan anggaran sebesar Rp 673 Miliar dan Bawaslu Sulsel mengajukan sebesar Rp 300 Miliar. Total kebutuhan anggaran mencapai Rp 973 Miliar.

Ketua Banggar DPRD Sulsel, Hoist Bachtiar mengatakan, anggaran Pilgub dan Pilkada 12 daerah di Sulsel yang digelar 2018 mendatang, mengalami peningkatan dua kali lipat. Apalagi usulan KPU dan Bawaslu ini belum mencakup kebutuhan anggaran pengamanan sebesar Rp80 miliar.

“Ada kenaikan anggaran Pilgub nanti sangat luar biasa, itu meningkat dua kali lipat. Nanti setelah hearing anggaran kita akan lihat peruntukkannya,” kata Hoist Bahtiar di kantor DPRD Sulsel.

Usulan anggaran tersebut akan dirasionalkan lagi peruntukannya. Apalagi dengan adanya sistem pilkada serentak 12 daerah 2018 nanti yang diharapkan bisa meminimalisir penggunaan anggaran.

“Perlu efisiensi anggaran. KPU dan Bawaslu harus merasionalkan kembali, jangan sampai anggaran tersebut menjadi silva di kemudian hari,” katanya. (SO)

Andi Muhammad Fadli