Direktur Utama SPJM Paparkan Efisiensi Energi Pada Business Embassy Forum Of Denmark

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Direktur Utama Subholdinh Pelindo jasa Maritim (SPJM) Prasetyadi menghadiri secara langsung kegiatan bertemakan Green Shipping and Energy Efficiency yang diselenggarakan oleh Embassy of Denmark di Jakarta untuk menggelar kegiatan forum bisnis dengan berbagai stakeholder Maritim, Rabu (8/11/2023).

Forum tersebut mengangkat pembahasan seputar bagaimana mengifisiensikan energi di sektor maritim. Hal ini disambut baik oleh para tamu forum bisnis tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut, forum bisnis ini bertujuan untuk mensinergikan hubungan G2G dan kemitraan komersial dalam rangka merayakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Bidang Maritim dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi RI dan Menteri Pendistribusian, Urusan Bisnis dan Keuangan Denmark. Sementara itu, Direktur Utama SPJM menyambut dengan gembira undangan Kedutaan Besar Denmark tersebut karena bisa bertemu dengan stakeholder yang dihadiri oleh PT ASDP Ferry Indonesia, Indonesian National Ship Owner Association (INSA), serta para praktisi komersial dan berbagai instansi pemerintahan terkait.

Prasetyadi dalam pemaparannya, mengawali dengan menjelaskan profil perusahaan yang dipimpinnya, mulai dari struktur organisasi secara menyeluruh, area operasional, strategi green ports pada Stream Marine, Equipment dan Port Services (MEPS).

Tak lupa ia juga memberikan gambaran terkait program elektrifikasi peralatan pelabuhan dan kapal di lingkup entitas SPJM yang diharapkan akan dapat mewujudkan green port melalui elektrifikasi peralatan dan kapal pelabuhan.

“Potensi elektrifikasi saat ini dengan sejumlah 125 pelabuhan di seluruh Indonesia dengan 310 alat bongkar muat, “Ungkap Prasetyadi.

Selain itu, Prasetyadi melanjutkan, listrik yang tersebar yaitu 126 atau 41 persen dan diesel yaitu 184 atau 59 persen. SPJM juga mengelola kapal pandu dan tunda dengan total 228 Unit, sejalan dengan itu SPJM juga terus mendorong green port dengan penerapan shore connection.’’ ungkap Prasetyadi.

Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Mr. Sten Frimodt Nielsen menyampaikan, “Kami dengan tulus berterima kasih kepada Direktur Utama SPJM, Bapak Prasetyadi telah menjadi salah satu pembicara terkemuka di forum bisnis mengenai Pengiriman Ramah Lingkungan & Efisiensi Energi yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Denmark untuk Indonesia & Otoritas Maritim Denmark, semoga bisa terus menjalin silaturrahmi dan hubungan bisnis kedepannya,” ucap Mr. Sten Frimodt Nielsen.

Dalam kegiatan ini peserta yang hadir dari berbagai perusahaan yaitu PT ASDP Ferry Indonesia, Indonesia National Ship Owner Association (INSA), Danish Maritime Authority Stakeholder, Wakil Menteri Bidang Energi & Kedaulatan Maritim Kemenko Marves dan Direktur Jenderal Otoritas Maritim Denmark.

Melalui Kegiatan ini komitmen manajemen SPJM untuk terus meningkatkan hubungan baik antar pengguna jasa, momentum kegiatan ini juga mendapat prespektif positif kepada SPJM dan Pelindo secara umum untuk bisa menjaga hubungan baik antar lembaga baik secara nasional dan internasional.

PT Pelindo Jasa Maritim atau yang disingkat dengan SPJM merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang dibentuk pada 1 Oktober 2021 pasca integrasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero). PT Pelindo Jasa Maritim telah berpengalaman dengan mengelola lima klaster bisnis, yaitu jasa layanan marine, jasa peralatan pelabuhan (Equipments), jasa galangan, pengerukan (dredging solution), dan jasa utilitas kepelabuhanan (Port Services).

Wilayah operasional SPJM mencakup seluruh Nusantara yang terbentang dari Malahayati hingga Merauke.

SPJM juga terbuka untuk kerja sama dan bersinergi dalam dukungan layanan dengan mitra strategis baik untuk entitas domestik maupun luar negeri.

SPJM saat ini mengelola 8 (delapan) anak perusahaan yaitu PT Jasa Armada Indonesia Tbk., PT Pelindo Marine Service, PT Equiport Inti Indonesia, PT Jasa Peralatan Pelabuhan, PT Energi Pelabuhan Indonesia, dan PT Pengerukan Indonesia, PT Berkah Industri Mesin Angkat (BIMA), dan PT Lamong Energi Indonesia.

SPJM juga memiliki 3 cucu perusahaan yaitu PT Alur Pelayaran Barat Surabaya, PT Berkah Multi Cargo, dan PT Pelindo Energi Logistik. Dengan keberagaman segmen bisnisnya, SPJM mampu menyediakan integrated one stop service bagi pengguna jasanya.