Ini Jumlah Kasus Tenaga Kerja di Sulsel

Aksi Buruh. (int)
Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Pertumbuhan ekonomi Sulsel masih tertinggi bahkan hingga 8 Persen di tahun 2016. Berdampak pada kebutuhan tenaga kerja. Sayangnya masih banyak terjadi permasalahan ketenaga kerjaan.

Koordinator Fungsional pengantar Kerja Disnaker Trans Sulsel, Syamsi Alam membeberkan, tercatat sebanyak 244 kasus ketenaga kerjaan yang telah ditangani oleh Disnaker. Kasus yang terjadi seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), perbedaan kepentingan dan perselisihan dengan serikat buru.

“Untuk jumlah kasus persoalan ketenaga kerjaan itu ada 244 kasus yang meliputi persoalan yakni, PHK, perselisihan dan kepentingan yang berbeda,” kata Syamsi di Kantor Pemprov Sulsel.

Selain kasus ketenagakerjaan, dirinya juga membeberkan tentang jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Sulsel, menurutnya, TKA pada lima tahun terakhir jumlahnya tidak signifikan.

Dari data Disnaker sejak 2010 tercatat jumlahnya 17 orang, 2011 sebanyak 12 orang, 2012 61 orang, 2013 335 orang, 2014 45 orang dan 2015 92 orang.

“Untuk tahun 2016 tercatat 87 orang KTA di Sulsel, tetapi ini semua bukan data keseluruhan, baru sebatas data dari Disnaker Sulsel, selain itu Disnaker Kabupaten/kota juga belum memasukkan data TKA yang bekerja di masing-masing daerah. Kita juga akan terus melakukan sidak dan mencari pekerja asing ilegal di Sulsel,” paparnya. (SO)

Andi Muhammad Fadli