Ketua PN Sungguminasa Akan Pimpin Sidang Pembunuhan Rafika

Akun Sosial media Rafika Hasanuddin dibanjiri ucapan duka. (int)
Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Ketua Pengadilan Negri Sungguminasa, Gowa, Muhammad Damis rencananya akan memimpin langsung sidang kasus pembunuhan Rafika Hasanuddin, Alumni Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Timur (UIT) yang ditemukan tewas bersimbah darah di Perumahan Yusuf Bauty, Kelurahan Paccinongang, Somba Opu, Gowa pada 16 Januari silam.

Damis menjelaskan bahwa kasus kematian Rafika mendapat perhatian langsung dari Pengadilan Tinggi Makassar, sehingga hal ini mewajibkan dirinya untuk memimpin langsung pembuktian kasus kematian Rafika.

“Ini kasus penting, bahkan Pengadilan Tinggi Makassar juga mengatensi kasus ini. Untuk itu saya yang akan pimpin langsung,” ujar Damis

Lebih lanjut, Damis mengaku bahwa kasus kematian Rafika cukup sulit untuk dibuka, karena hingga saat ini, pihak kepolisian belum memiliki alat bukti yang cukup. Meskipun, telah menetapkan Saleh, Security Perumahan tempat Rafika ditemukan tewas, sebagai Tersangka Tunggal dalam kasus ini.

“Saya mengikuti perkembangan kasus ini melalui media, dan saya katakan cukup sulit dibuktikan. Sangat berbahaya kalau terdakwa merubah pengakuannya di pengadilan, makanya kita akan menerapkan beberapa metode, supaya kasus ini diadili dengan seadil-adilnya,” janji Damis.

Ia berharap agar pada tahap penyidikan oleh pihak Kepolisian benar-benar telah menemukan bukti kuat, bukan hanya berpedoman pada bukti petunjuk, agar saat persidangan berlangsung, Majelis Hakim yang diberi tanggungjawab bisa membuka misteri kematian Rafika.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, jenazah Rafika pertama kali ditemukan oleh Saleh, Security perumahan yang akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Saleh diduga tega menghabisi nyawa Rafika karena ketahuan mencuri handphone.

Andi Muhammad Fadli