Legislator DPR RI Muchtar Tompo “Dipukul” Presiden PT Freeport

Anggota DPR RI fraksi Hanura asal Sulsel, Mukhtar Tompo. (int)
Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Anggota DPR RI dari fraksi Hanura asal Sulsel, Mukhtar Tompo mendapat perlakukan tidak menyenangkan dan mendapat pengancaman. Penganiayaan diduga dilakukan oleh Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Chappy Hakim .

Peristiwa itu terjadi dalam rapat Komisi VII DPR RI dengan seluruh perusahaan tambang, Kamis 9 Februari 2017. Muchtar dikabarkan memberikan pertanyaan yang membuat Chappy Hakim tersinggung.

Akibat peristiwa tersebut membuat rekan seprofesinya beram. Bahkan Legislator NasDem DPR RI asal Sulsel Akbar Faisal mengecam keras tindakan Chappy Hakim yang telah mencederai institusi DPR RI.

“Dengan ini saya menyatakan saya mengecam keras tindakan ini. Ini sungguh-sungguh keluar dari etika apapun. Prilaku yang dilakukan Presiden Direktur Freeport ini sekaligus penghinaan besar kepada pemerintah dan rakyat Indonesia. Untuk itu saya menuntut Agar Minta Maaf,” tegas Akbar Faisal melalui pesan WhatsApp.

Selain itu, dirinya juga melayangkan pernyataan sikap atas insiden tersebut. Ia meminta manajemen di kantor pusat Freeport Internasional di Amerika Serikat untuk meminta maaf kepada Muchtar Tompo selaku pribadi, institusi DPR-RI dan kepada Pemerintah Indonesia.

“Kami meminta manajemen/kantor pusat Freeport Internasional untuk memberhentikan Saudara Chappy Hakim sebagai Presdir PT Freeport Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, dirinya juga mendesak Presiden Republik Indonesia untuk menghentikan sementara seluruh perjanjian dan kesepakatan dengan Freeport hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Sikap sangat keras ini perlu untuk menegakkan kehormatan Indonesia mengingat Muhtar Tompo adalah wakil rakyat Republik Indonesia yang mendapat mandat resmi berdasarkan konstitusi Republik Indonesia. Penghinaan dan penganiayaan. Muchtar Tompo adalah penghinaan kepada rakyat Indonesia. (SO)

Andi Muhammad Fadli