KPU Sulsel : Usulan Anggaran Pilgub Sudah Rasional

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menegaskan rancangan usulan anggaran penyelenggaraan Pilgub sebesar Rp673 Miliar sudah sesuai kebutuhan dan rasional.

KPU Sulsel telah menyusun anggaran dengan dasar perhitungan jelas. Adapun perbandingan biaya pilgub lalu dan yang akan datang tidak bisa disamakan, mengingat banyaknya perbedaan regulasi.

“Saya kira untuk memastikan anggaran rasional atau tidak, lihat itemnya dulu. Dasar perhitungan ada, baik peraturan KPU dan permendagri,” kata komisioner KPU Sulsel Khaerul Mannan melalui telefon selulernya.

Anggaran untuk pilgub mendatang wajar lebih besar. Karena banyak perubahan regulasi yang disebut berdampak kepada kebutuhan anggaran, seperti honor dan biaya kampanye yang semuanya ditanggung oleh KPU.

“Misalnya honor penyelenggara PPS dan PPK ada peningkatan. Termasuk beban tanggungjawab alat peraga dan bahan kampanye yang ditanggung penyelenggara,” katanya.

Dia menegaskan, pihaknya menyusun anggaran tersebut tidak asal menentukan nominal. Akan tetapi dusesuaikan dengan regulasi yang ada. “Prinsipnya KPU siap diundang untuk menjelaskan item itu,” tegasnya. (SO)

Andi Muhammad Fadli