Masyarakatkan Kue Tradisional, Relawan Uceng Gelar Lomba Review Makanan Khas Makassar

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Memperingati Hari Gizi dan Makanan Nasional pada tanggal 25 Januari Mendatang, relawan Uceng Madeceng menggelar lomba me-review berbagai jenis makanan khas Makassar dengan tema #MakassarEnak.

Lomba yang  dikemas dalam bentuk video pendek ini. Juru bicara Wakil Presiden RI yang juga bakal calon Wali Kota Makassar ini, menantang siapa saja di Makassar untuk mengikuti Uceng Food Video, Review Competition tersebut.

Ketua panitia relawan uceng madeceng Dedy Kurniawan mengatakan lomba ini digelar tak lain untuk  memasyarakatkan kue  tradisional Makassar.

“Era sekarang ini kue modern makin ramai di pasaran, jangan sampai kue tradisional dilupakan oleh masyarakat. Dengan kegiatan ini  memasyarakatkan kue  tradisional Makassar, terlebih ke generasi muda Makassar,”kata Dedy Kurniawan, Selasa (10/01/2017)

Kompetisi video ini terbuka untuk siapa saja sepanjang tinggal di Makassar yang dibuktikan dengan KTP, SIM, kartu pelajar, dan kartu identitas lainnya. Pendaftar tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Peserta dapat mengulas makanan apapun (cemilan, makanan khas, dan lainnya) atau tempat makan (resto, cafe, dan sebagainya) di Makassar. Setiap peserta boleh mengirimkan karya video ulasan (review) maksimal dua video.

Video yang dibuat tidak boleh lebih dari 60 detik, pengambilan gambar bebas menggunakan kamera, telepon seluler, atau alat lainnya. Setiap peserta wajib memasang gambar bumper “Uceng untuk Makassar Madeceng” di awal video yang dapat diunduh di http://www.husainabdullah.com/bumper.

Materi video yang dimuat bukan tanggung jawab panitia penyelenggara. Tautan (link) video yang yang dimuat di akun Youtube masing-masing peserta dikirim ke [email protected]. Pengiriman link video menyertakan screenshot/foto KTP, SIM, kartu pelajar atau kartu identitas lainnya. Pemasukan karya dilakukan pada 25 Januari 2017 bertepatan dengan Hari Pangan dan Gizi Nasional. Penjurian akan dilakukan 15 Februari 2017 dan pengumuman pemenang pada 17 Februari 2017.

Adapun kriteria pemenang ditentukan pada dua hal. Pertama, keunikan dan kreativitas video ulasan (review). Kedua, banyaknya viewer dan Like pada akun video Youtube yang dipasang peserta.

Panitia menyediakan Hadiah utama untuk pemenang  ini berupa telepon seluler iPhone 7. (*)

Andi Muhammad Fadli