Survei CRC : Pasangan HB-HN Tidak Terbendung di Takalar

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Lembaga Survei Celebes Research Center (CRC) merilis hasil survey pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Kabupaten Takalar yang akan digelar 15 Februari ini.  hasil survei terakhir bulan Februari ini, elektabilitas petahana yakni pasangan H. Burhanuddin Baharuddin –H. Ibrahim Nojeng (HB-HN) jauh mengunguli rivalnya, yakni pasangan Syamsari Kitta- H. Dedde (SK-HD)

Direktur CRC Herman Haizer mengatakan,  Elektabilitas pasangan nomor urut 1 (HB-HN) 61,3 persen dan  pasangan SK-HD hanya 29,8 %, responden yang tidak memberikan jawaban sekitar 8,9 persen.

“Melihat hasil survey ini, pemenang di Pilkada Takalar 2017 adalah pasangan Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim. Dengan catatan, tidak ada gerakan yang berlebihan di masa tenang kampanye hingga masa pencoblosan,” ujar Herman Heizer, saat konferensi pers, di Kantor CRC, Jalan Adhiyaksa, Makassar, pada Jumat (10/2/2017) siang.

Survei yang digelar pada 4-7 Februari tersebut menempatkan Bur-Nojeng unggul telak dari sisi strong voter. CRC merekam, sebanyak 53,3 % strong voter buat pasangan Bur-Nojeng dan 25,8 % untuk pasangan SK-HD.

Herman menjelaskan, meskipun survei tersebut tidak merekam kampanye akbar, hal itu tidak akan berbeda drastis. Sebab menurutnya, kampanye akbar tidak begitu memiliki efek yang signifikan dalam menggaet dukungan.

“Karena yang datang di kampanye akbar mayoritas orang yang telah menentukan pilihan,” tutur Ketua HIPMI Sulsel ini.

Survei dengan metode multistage random sampling itu memiliki tingkat margin error kurang lebih 4,5 persen dengan selang kepercayaan 95%. Survei mengambil sampel 450 orang responden yang terbagi secara merata di 9 kecamatan yang ada di Takalar.  Melihat dari data, CRC menyimpulkan peluang HB-HN hampir tidak terbendung.

 

Pemkot Makassar SC