Konsultan Politik Pastikan IYL Maju Lewat Jalur Parpol

Direktur Nurani Strategi Nurmal Idrus. (int)
PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Ichsan Yasin Limpo telah menyatakan dirinya maju di Pilgub Sulsel 2018. Bahkan IYL mengaku telah mengumpulkan 746 ribu dukungan KTP. Meski Partai Amanat Nasional (PAN) sudah menyatakan akan mengusung IYL.

Direktur Nurani Strategi Nurmal Idrus menanggapi pengumpulan dukungan KTP yang dilakukan oleh Tim Punggawa, sebagai bentuk persiapan untuk maju melalui jalur independen, itupun jika adik Kandung Gubernur Sulsel ini tidak mendapatkan kendaraan partai politik.

Mantan ketua KPU Makasar ini menilai pengumpulan KTP tersebut hampir mirip dengan strategi yang dilakukan oleh Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok d Pilgub DKI Jakarta.

“Ini sama dengan strategi Ahok, timnya mengumpulkan KTP, tetapi pada akhirnya dia (Ichsan) akan maju melalui jalur partai politik,” kata Nurmal.

Nurmal Menambahkan meski tim IYL mengumpulkan KTP, ia meyakini jika IYL tidak akan maju melalui jalur independen, sebab aturan jalur independen sangat ketat. Sebab 1 dukungan KTP yang batal, harus diganti sebanyak 30 dukungan KTP.

“Bisa saja rivalnya pak Ichsan meminta pendukungnya untuk menarik dukungannya, kalau dia berhasil gagalkan 10 ribu dukungan, berarti harus mengganti 300 ribu, kalau tidak bisa berarti gagal maju di pilgub,” ungkap Nurmal.

Olehnya itu, Ichsan dipastikan maju jalur partai politik. KTP yang telah dikumpulkan tidak ada ruginya, sebab KTP yang terkumpul dapat dijadikan sebagai data base untuk mengetahui basis suaranya di pilgub.

“Di KTP itukan jelas, alamat, kelurahan, kecematan dan kabupaten atau kota, nah disitulah dia bisa lihat sejauh mana kekuatan dan kekurangan basisnya. Kalau misalnya dia melihat ada daerah yang kekurangan, di situlah yang akan dikerja secara maksimal untuk mendapatkan dukungan suara,” pugkas Nurmal. (SO)

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan