Situs Bunga Citta di Sidrap Akan Dibangunkan Kolam

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Situs Bunga Citta yang berlokasi Desa Allakuang, Kecamatan Maritengngae,Kabupaten Sidrap akan dibangunkan kolam renang. Hal ini diungkapkan oleh Staff Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan dan Pariwisata, Bakhtiar Said, Sabtu (10/12/2016)

Menurutnya, pembangunan kolam renang yang terletak di sebelah timur Situs Bungnge Citta’E Mata air Nene Mallomo Allakuang sebagai implementasi pemanfaatan Cagar Budaya.

“Selama ini situs Bunga Citta tersebut sudah jarang dikunjungi oleh warga padahal tempat ini merupakan tempat bersejarah,”ungkapnya

Selain itu, kita membangun Kolam renang anak-anak ini semata-mata untuk memperkenalkan Bunga Citta ini sebagai tempat bersejarah yang ada di Kabupaten Sidrap.

Bakhtiar menjelaskan bahwa Situs Bunga Citta ini berkembang dimasyarakat, awal munculnya air di Sumur Bungnge Citta Nene Mallomo itu bermula dari sejarah tokoh legendaris Kabupaten Sidrap, Nene Mallomo.

Kabarnya Nene Mallomo suatu saat sangat ingin membantu masyarakat di sekitarnya yang lagi kesulitan air. Sehingga dengan niat suci untuk membebaskan masyarakat dari belenggu kesulitan air, Nene Mallomo lalu menghentakkan kakinya ke tanah.

“Wal hasil, dari bekas hentakan kaki Nene Mallomo itu, muncullah semburan air yang semakin banyak dan akhirnya tempat tersebut menjadi sebuah sumur yang mampu memenuhi kebutuhan air masyarakat waktu itu,”ungkap Bakhtiar

Sejak itulah lokasi itu terus lestari menjadi sebuah sumur yang dijadikan sebagai tempat pengambilan air bagi masyarakat sampai saat ini.

“Namun karena banyaknya sumur bor di rumah warga saat ini yang terbilang dekat dari sumur di yakini menjadi penyebab kurangnya air sumur di Sumur Bungnge Citta Nene Mallomo itu,” pungkasnya

 

Andi Muhammad Fadli