Berkas Perkara Dugaan Korupsi Eks Kadis Kominfo, Ismounandar Resmi Diterima Jaksa Penuntut Umum


PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Berkas Perkara Dugaan Korupsi dan Mark Up Dana Pengadaan Brosur Makassar Smartcity, Eks Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Ismounandar bersama satu tersangka lain, yakni John S.D Pretes resmi diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum oleh tim penyidik Kejaksaan Negri Kota Makassar.

Ismounandar ditetapkan sebagai tersangka sejak tanggal 16 Agustus 2016 pada kasus dugaan korupsi dan mark up dana pengadaan brosur Makassar Smartcity pada tahun 2015, dimana Ia berperan sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK) sekaligus sebagai pengguna anggaran (PA).

Kepala kejaksaan negeri Makassar, Deddy Suwardy Surachman mengatakan berkas perkaranya telah dirampungkan dan sudah diserahkan ke jaksa penuntut umum, pagi tadi.

“sudah kita serahkan ke jaksa yang ditunjuk, selanjutnya akan diproses administrasinya dulu baru kita limpah ke pengadilan,” Ujar Deddy

Dalam kasus ini, tim penyidik telah menetapkan dua orang tersangka, yakni Mantan Kepala Dinas Kominfo, Ismounandar dan Pemilik Perusahaan CV Makassar Grafiti John S.DPretes.

Sementara itu, uraian mengenai peran kedua tersangka telah dijelaskan oleh Kasi Pidana Khusus Kejari Makassar, Sri Suryanti Malotu yang menerangkan adanya penentuan harga perkiraan sementara (HPS) yang tidak didasari dengan harga sebenarnya. Sehingga terindikasi adanya penggelembungan dana atau mark up.

Hasil audit sementara yang telah dilakukan oleh penyidik, kerugian yang diakibatkan dari perbuatan keduanya mencapai 720 juta rupiah, namun hasil ini masih bisa berubah, karena pihak kejaksaan telah meminta audit juga dilakukan oleh Badan Pengawan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Sulawesi Selatan.(*)

 

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan