Ciki Ngebul, Makanan Bernitrogen Cair yang Ternyata Berbahaya

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapat tiga laporan yang masuk akibat mengonsumsi ciki ngebul sepanjang tahun 2022.

Asap pada makanan ini berasal dari nitrogen cair atau liquid nitrogen, yaitu nitrogen yang berada dalam keadaan cair pada suhu yang sangat rendah.

Dari tiga laporan tersebut, keluhan yang banyak dialami oleh anak-anak dari berbagai daerah ini mulai dari luka bakar, keracunan massal, hingga perasaan tidak nyaman pada perut setelah makan.

Atas laporan ini, melalui Surat Edaran yang diteken pada 6 Januari 2023 lalu, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen) P2P Maxi Rein Rondonuwu membeberkan bahaya mengonsumsi ciki ngebul.

“Penambahan nitrogen cair pada produk pangan siap saji yang tidak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dapat menyebabkan gangguan kesehatan atau keracunan pangan,” kata Maxi dikutip dari CNNIndonesia.com.

Ciki ngebul sendiri menjadi salah satu jajanan ‘tradisional’ yang digemari sebagian besar anak. Jenis jajanan murah dan menarik ini telah dijajakan sejak lama.

Beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul akibat konsumsi ciki ngebul yakni luka bakar dan radang dingin, sulit bernafas dan sensasi terbakar pada tenggorokan.

Bahkan, pada kasus yang sangat parah, ciki ngebul bisa menyebabkan kerusakan internal pada organ tubuh.

Pangkep SC