Blok Anggaran Pusat untuk Sulsel, Guru Besar Unhas Kecam Mendikbud

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Guru besar Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr Armin Arsyad melayangkan penyeselannya atas tindakan dan ancaman Menteri pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang akan memblok aliran dana pusat untuk Sulsel khususnya sektor pendidikan.

“Ya, dana itu untuk Sulsel kalo diblok mau dibawa kemana memang. Jangan takut, kalau memang itu benar. Itu kebenaran yang surat dilayangkan Pemprov Sulsel itu ke Mendikbud. Masak ada menteri berkunjung ke Sulsel, gubernur dan kadispendidikan Setempat tidak tahu,” ujar Prof Armin Arsyad, Sabtu (11/2/2017) di Makassar.

Menurut Prof Armin, sikap dan kebijakan Mendikbud terkesan tidak menggambarkan sikap seorang pejabat publik. “Yang namanya menteri harus lebih bijak. Masa hanya karena surat protes Pemprov Sulsel dan Dinas pendidikan Sulsel, semua anggaran diblok,” ujar Armin.

Seharusnya, lanjut peneliti Unhas ini, Mendikbud beeterima kasih atas surat dari Pemprov Sulsel tersebut. Paling tidak, lanjutnya, jika harus menyelesaikan ini karena merasa tersinggung, maka hal itu harus diselesaikan secara internal pemerintahan.

“Bukan lain yang diprotes lain yang diberikan. Yang diprotes kunjungan menteri yang tanpa koordinasi, malah anggaran untuk Sulsel yang diblok. Ini kan aneh,”. Ujar Prof Armin.

Sekadar diketahui, Mendikbud mengancam Pemprov Sulsel untuk menghentikan dana pusat untuk sektor pendidikan di Sulsel akibat “lancangnya” Kadis Pendidikan Sulsel irman YL bersama Gubernur Sulsel Syahrul YL dan Sekda Provinsi Sulsel A Latif yang memprotes kunjungan Mendikbud ke sekolah di Sulsel tanpa berkoordinasi dengan Pemprov Sulsel.

“Ya kalau diprotes masalah koordinasi dan penyampaian, ya khusus itu saja yang ditanggapi bukan ambil kebijakan memblok anggaran Sulsel. Yang korban rakyat,” beber Armin.(*)

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan