banner dprd mkassar
DAERAH  

UNM dan SMPN 4 Majene Bersinergi dalam Pelaksanaan PKM, Tiga Dosen FSD Adakan Pelatihan Tari Kreasi Etnik Mandar

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAJENE – SMP Negeri 4 Majene, Sulawesi Barat menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi berupa Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Makassar (UNM), salah satunya Fakultas Seni dan Desain (FSD).

Pengabdian ini diwujudkan dengan membuat pelatihan Tari Kreasi Etnik Mandar berlangsung di salah satu kelas SMP Negeri 4 Majene, Jalan Letjen Hertasning, Baurung, kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Senin (08/08/2022).

Kegiatan pengabdian ini melibatkan tiga orang dosen Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM), seperti Dr. Syakhruni, M.Sn., Dr. Heriyati Yatim, M.Pd., dan Drs. Jalil, M.Sn., ketiganya bertindak sebagai pemateri pada pelatihan ini.

Selain itu, mereka juga melibatkan dua orang mahasiswa Fakultas Seni dan Desain sebagai instruktur, A. Sri Wiranto dan Fanny Syam, sementara yang menjadi peserta dalam pelatihan ini ialah sejumlah siswa SMP Negeri 4 Majene.

Adapun dampak yang dirasakan para siswa setelah mengikuti pelatihan tersebut ialah meningkatnya kreatifitas, rasa tanggung jawab, kerjasama yang semakin baik, disiplin, serta rasa percaya diri.

Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Syakhruni, dia mengatakan bahwa hal ini terbukti dari semangat yang tinggi dari para siswa saat berlatih sehingga mampu menghasilkan tari kreasi baru.

“Meskipun karya tari yang dihasilkan terlihat sederhana tapi hasilnya sangat menggembirakan”, tutur Syakhruni.

Kegiatan pelatihan ini juga disambut baik oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Majene H. Mithar Thala Ali, Kepala Sekolah Hj. Andilah, dan guru-guru SMP Negeri 4 Majene yang secara resmi memberikan izin kepada pihak pemateri dan instruktur melaksanakan kegiatan pengabdian tersebut.

Dalam kesempatan ini pula, turut dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara pihak Universitas Negeri Makassar dan SMP Negeri 4 Majene.

Melalui penandatanganan PKS ini diharapkan kedua belah pihak menjadi mitra yang saling bersinergi dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di masa yang akan datang.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *