Pemadaman Bergilir, DPRD Sulsel Nilai Alasan GM PLN Tidak Masuk Akal

General Manager (GM) PT PLN Sulselbar Wasito Adi memberikan penjelasan dalam acara dengar pendapat dengan Komisi D DPRD Sulsel. (dok)
PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – General Manager (GM) PT PLN Sulselbar Wasito Adi mengaku jika pemadaman listrik yang terjadi di beberapa wilayah di Sulsel khususnya di Kota Makassar, diakibatkan batu bara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Jeneponto basah. Sehingga PLTU Jeneponto tidak dapat memproduksi listrik secara maksimal.

Wasito mengatakan, kejadian tersebut baru menimpa PLTU Jeneponto. “Ini pertama kali mereka alami, batu bara basah dan bertumpuk bangker lalu melengket di mesin, sehingga mesin tidak beroperasi,” kata Wasit.

Namun alasan tersebut ditentang oleh anggota Komisi D DPRD Sulsel, saat dengar pendapat di Kantor Komisi D DPRD Sulsel, kamis siang.

“Kalau alasan batu bara basah, saya rasa itu tidak masuk akal. Karena batu bara itu punya tempat khusus yang luasnya 100×30 meter yang dilindungi atap, bagaimana bisa basah”, kata Anggota Komisi D dari PAN, Syamsuddin Karlos.

terkait masalah teknis yang terjadi di PLTU Jeneponto, GM PLN Sulselbar belum bisa memprediksi kapan akan berfungsi maksimal.

“Saya sudah tanyakan, sampai kapan kerusakan teknis ini baik, tetapi mereka juga tidak bisa jawab, makanya kami juga tidak bisa memberikan informasi pasti kepada masyarakat,” tutupnya. (SO)

Gerinra Sulawesi Selatan