Kukuhkan Maba di PPKMB, Rektor UNM: Kalian Adalah Generasi Pemungkin yang Bisa Menjadi Mungkin

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan upacara pengukuhan dalam Penerimaan Mahasiswa Baru UNM dan Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2021-2022.

Rapat terbuka PPKMB dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom dan luring. Kegiatan luring dilaksanakan secara terbatas di Ruang Teather Menara Pinisi UNM, Kamis (12/8/2021). Mereka yang hadir di tempat hanyalah perwakilan dari tiap Prodi.

Hal tersebut lantaran kampus pencetak guru ini tengah menjalankan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah peserta yang hadir. Disamping itu, kebijakan penggunaan masker dan tempat duduk yang berjarak juga tidak luput dari bagian protokol kesehatan.

PPKMB tahun ini mengangkat tema “Generasi Pemungkin di Era MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)”, dengan dihadiri perwakilan sivitas akademika UNM, mulai dari para pimpinan Universitas, Fakultas dan perwakilan lembaga mahasiswa.

Di hadapan 9.000 lebih mahasiswa baru yang disiarkan langsung di YouTube, Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP, IPU, ASEAN Eng, menyampaikan para mahasiswa baru mengikuti PKKMB dengan antusias dan semangat serta meningkatkan kreativitas, meski dalam suasana pandemi Covid-19.

“Untuk anak-anakku para mahasiswa baru lanjutkan prestasi yang anda sudah ukir selama ini, oleh karena itu ruang yang kita berikan semakin terbuka lebar. Anda bisa melahirkan talenta-talenta baru, bukan tidak mungkin menjadi sesuatu, anda itu pemungkin, yang tidak mungkin bisa anda jadikan terjadi karena kita beri ruang,” ujar Prof Husain Syam.

Itulah sebabnya, kata Prof Husain, mahasiswa UNM hari ini adalah mahasiswa yang merupakan pilihan dari generasi pemungkin yang bisa melahirkan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.

“Jadi tidak perlu ragu bersaing dengan para mahasiswa yang ada di Indonesia dan dunia, di Harvard dan seterusnya, anda bisa bersaing karena kami memang sudah siapkan talenta menjadi pemenang dalam segala persaingan kedepan,” terang Guru besar dibidang pertanian ini.

“Termasuk ketika selesai untuk mengisi lapangan kerja, ternyata dari sekian banyak di wilayah luar pulau Jawa kita di UNM paling banyak yang meloloskan CPNS, berarti UNM memang ini berkualitas dan hebat,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Makarim memberikan sambutan pada pengukuhan Mahasiswa baru UNM angkatan 2021 secara daring.

Nadiem mengatakan bahwa terdapat beragam program beasiswa untuk seluruh mahasiswa di Indonesia yang bisa diikuti oleh mahasiswa baru yang masih duduk di semester pertama. Komitmen untuk memerdekakan pendidikan tinggi Indonesia perlu adanya partisipasi dari para mahasiswa.

“Karena itu, untuk mahasiswa baru agar manfaatkan masa kuliah untuk mengenal diri, membangun jembatan untuk meraih mimpi dan berkontribusi untuk negeri,” pesannya.

Oleh karena itu, Nadiem berharap kepada mahasiswa baru untuk memanfaatkan betul program merdeka belajar kampus merdeka dan menjadi pribadi yang mampu memberikan kontribusi positif terhadap kampus dan siap menempuh ilmu di bangku perkuliahan.

“Kembangkanlah metode pembelajaran berbasis teknologi, termasuk pembelajaran secara daring menjadi suatu hal yang harus kita adaptasikan dan kembangkan, seiring dengan dinamika adaptasi kurikulum yang perlu dilakukan oleh pihak perguruan tinggi,” tuturnya. (*)

Pemkot Makassar SC
Pangkep SC