Taufan Pawe Instruksi BPBD Perkuat Mitigasi Antisipasi Cuaca Ekstrem

Pemprov-Sulsel-SC PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengimbau warga waspada terhadap dampak cuaca ekstrem.

Imbauan yang sama juga sebelumnya dikeluarkan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas.

Taufan Pawe mengatakan beberapa hari terakhir ini, hampir seluruh wilayah di Sulawesi Selatan khususnya di Kota Parepare mengalami cuaca ekstrem.

“Beberapa hari terakhir cuaca ekstrem terjadi. Kita imbau warga agar tetap waspada akan dampaknya,” ucap Taufan Pawe. Jumat, (12/8/2022).

Wali Kota dua periode itu pun menginstruksikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parepare berkolaborasi dengan Basarnas untuk melakukan langkah antisipasi.

“BPBD kami berkolaborasi dengan Basarnas untuk memperkuat
mitigasi bencana sebagai upaya meminimalkan dampak
negatif jika terjadi cuaca ekstrem,” terang Taufan Pawe.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel itu juga meminta BPBD menyiapkan sejumlah personel dan peralatan yang dapat digunakan untuk evakuasi jika diperlukan.

“Selalu waspada terhadap potensi cuaca buruk.┬áBagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan transportasi laut agar terlebih dahulu melihat kondisi cuaca sebelum melakukan perjalanan,” katanya.

Untuk para nelayan, kata dia, diminta untuk sementara menahan diri melakukan aktivitas melaut, dan juga diharapkan selalu menyediakan pelampung keselamatan saat aktivitas di laut.

Selain itu, Taufan Pawe juga memerintahkan pihak Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parepare turun memangkas pohon tumbang dan potensinya.

“Karena langkah antisipasi itu sangat penting,” tutup Taufan Pawe.(*)

BAPENDA Makassar SC
Pangkep SC