Ketua DPR-RI Setya Novanto Dijadwalkan Diperiksa KPK Besok

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Ketua DPR RI Setya Novanto, Selasa (13/12) besok. Novanto akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi terkait proyek pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, penyidik akan menggali sejumlah informasi terkait proyek pengadaan e-KTP melalui pemeriksaan Setnov. Termasuk, proses pembahasan anggaran proyek bernilai Rp 5,9 triliun itu.

“Beberapa informasi seperti proses pembahasan anggaran akan didalami,” kata Febri saat dikonfirmasi, Senin (12/12/2016).

Saat proyek e-KTP berlangsung pada 2011, Setnov merupakan bendahara umum Partai Golkar sekaligus ketua fraksi Golkar di DPR.

Sejak diusut KPK pada 2014, Setnov baru pertama kalinya dipanggil sebagai saksi dalam kasus yang telah menjerat dua orang tersangka. Padahal, nama Setnov sering disebut-sebut turut terlibat dalam kasus e-KTP.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan dua orang tersangka. Mereka adalah mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Penduduk pada Ditjen Dukcapil Kemendagri, Sugiharto dan Irman selaku mantan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Dukcapil Kemendgari atau Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Keduanya diduga bersama-sama melakukan perbuatan melawan hukum dalam proyek pengadaan e-KTP. Sehingga menyebabkan kerugian negara senilai Rp 2,3 triliun.

 

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan