Pemkab Bone Kebagian Satu Unit Damkar dari Pemprov Sulsel

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, BONE – Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, menyerahkan bantuan satu unit damkar kepada Pemda Bone yang diterima langsung oleh Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin, di Terminal Petta Punggawae, Kabupaten Bone, Jumat, 12 Januari 2024.

“Bantuan ini memang kebutuhan mendasar kita, termasuk alat pemadam kebakaran. Ini vital, maka apa yang bisa dipakai daerah kami bantu. Ini kami lakukan, rupanya Pemda Bone memang minta,” kata Bahtiar.

Kepala Satpol PP Sulsel, Andi Arwin, mengatakan, damkar tersebut merupakan mobil hibah dari Jepang yang diperuntukan bagi Pemprov Sulsel. Jumlahnya untuk hibah sudah lebih 20 unit yang telah diserahkan, termasuk ambulans.

Penyerahan ini berdasarkan kewenangan dalam urusan pemadam kebakaran yang besar ada di kabupaten dan kota, karena yang bersentuhan langsung dengan wilayah dan masyarakat.

“Kewenangan di Sulsel, hanya sebatas pemetaan terhadap potensi bahaya kebakaran dan bencana lainnya. Sehingga lebih tepatnya memang dialokasikan ke kabupaten/kota. Inilah wujud konkrit upaya Pemerintah Sulsel dalam mewujudkan peningkatan kesiapsiagaan daerah kabupaten kota dalam menghadapi bahaya kebakaran, termasuk hutan dan lahan,” paparnya.

Pemda Bone, berdasarkan keterangan Arwin, ada beberapa daerah bisa dicover dan damkar ini akan ditempatkan di kecamatan, di wilayah yang jauh dari pusat kota, sehingga lebih mendekatkan pelayanan dan titik terdekat kebakaran. (*)