Antisipasi Kecurangan di Pulau, Ini yang Dilakukan KPUD Takalar

Ketua KPUD Takalar, Jusalim Sammak.(int)

SUARACELEBES.COM, TAKALAR – Memasuki masa tenang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Takalar memperketat penyelenggaraan pencoblosan Pilkada Takalar, di 5 desa khusus di Pulau Tanakeke. Kelima desa itu yakni, Desa Maccinibaji, Balangdatu, Rewataya, Tompotana dan Mattirobaji.

Saat ditanya terkait rawannya kecurangan di pulau saat proses pencoblosan, Ketua KPU Takalar Jusalim Sammak mengatakan, pihaknya telah melakukan antisipasi dengan melakukan pengawalan ketat.

“Kita akan melakukan pengawalan ketat, bagaimanapun caranya. Agar penyelenggara tidak dicurigai dalam hal pendistribusian dan sistem yang ada di TPS nantinya,” demikian Jusalim Sammak.

Untuk pendistribusian ke pulau, Jusalim mengatakan, akan menggunakan 2 armada bersama dengan kepolisian dan petugas TPS dan akan dikawal hingga ke TPS.

Ia pun berharap agar pihak panitia pengawas pemilu (Panwaslu) ikut mengawal dan penyelenggara Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) juga mengawal. Untuk hasil pencoblosan, pihaknya menyiapkan speeadboat.

“Jadi di atas speeadboat itu sudah ada panwas dan kepolisian. Ini kan dari pulau ke pulau lain menggunakan Jolloro, speeadboat ini ada di daerah tertentu. Di situ menunggu baru berangkat ke daratan,” jelas Jusalim Sammak.(*)

 

PEMKOT-Makassar