Majelis Hakim Tolak Eksepsi, Pengacara Siap Buktikan Jusman Tidak Bersalah

Terdakwa Jusman saat menjalani sidang kasus dugaan penikaman terhadap Anggota Kepolisian, Bripda Michael

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Majelis Hakim Pengadilan Negri (PN) Makassar memutuskan untuk menolak eksepsi atau nota keberatan yang diajukan Jusman, Anggota Satpol PP Makassar dalam kasus dugaan penikaman terhadap Bripda Michael saat penyerangan di Kantor Balaikota Makassar. Lima poin penting yang menjadi isi dalam eksepsi Jusman seluruhnya ditolak, termasuk dua diantaranya yang dianggap sebagai pokok perkara sehingga harus dibuktikan dalam persidangan selanjutnya.

Majelis hakim yang dipimpin oleh Cening Budiana, menimbang bahwa dua pokok penting yang perlu kedua pihak buktikan ialah, pembelaan darurat yang diduga kuat dilakukan oleh Jusman saat terjadinya penyerangan di Kantor Balaikota Makassar, serta tidak ditemukannya alat bukti berupa badik yang hingga saat ini belum dimiliki oleh penyidik dan jaksa penuntut umum.

Kuasa Hukum terdakwa, Abdul Azis menjelaskan bahwa ia bersama tim kuasa hukum lainnya siap untuk membukti bahwa Jusma tidak bersalah, serta upaya pembelaan secara darurat yang dilakukan oleh Jusman karena kondisi yang tidak seimbang, dari segi kekuatan maupun alat yang digunakan.

“Saya kira itu pendapat, putusan dan kewenangan majelis untuk menolak atau menerima eksepsi, kami siap untuk melanjutkan persidangan, dan berharap beberapa poin yang kami rasa harus terang dalam sidang bisa terbuka dan terbukti.” Ujar Abdul Azis usai menjalani sidang.

Usai membacakan putusan, Majelis Hakim meminta kepada Jaksa untuk menghadirkan saksi-saksi pada sidang selanjutnya, yang akan digelar pecan depan.

“saksi yang rencana akan kami hadirkan terlebih dahulu ialah dari pihak satpol pp Yang mulia,” singkat jaksa penuntut umum, sebelum akhirnya sidang berakhir.

 

PEMKOT-Makassar