banner dprd mkassar

Ambil Tema Disertasi Pengembangan Smart City, PJ Sekda : Tangerang Sudah Kolaborasi dengan Makassar

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR — PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra menghadiri ujian promosi Doktor, Arief Rachadiono Wismansyah di Auditorium Prof. Dr. Basri Hasanuddin Pascasarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin, Senin (13/5/2024).

Kehadiran Firman Pagarra ini mewakili Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto yang masih berada di luar kota karena sedang mempersiapkan beberapa tugas salah satunya menjadi pembicara di Universitas Gajah Mada, Yogjakarta.

Firman ikut menyaksikan langsung penjelasan disertasi yang dipertahankan dengan judul “ Perencanaan strategis dalam pengembangan smart city Kota Tangerang” bersama Mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, dan Wali Kota Gorontalo, Martin Taha.

Disertasi ini membahas tentang pentingnya pengembangan Smart City di era digitalisasi.

Olehnya itu, diperlukan inovasi-inovasi penjajakan karena setiap pendekatan pasti memiliki tantangan tersendiri.

Untuk inisiasi inovasi hal ini diperlukan untuk mempermudah dalam rangka implementasi smart city di kota-kota besar khususnya di Kota Tangerang.

Pada kesempatan yang sama juga, Firman Pagarra memberikan selamat secara langsung kepada mantan Wali Kota Tangerang tersebut.

Ia mengatakan disertasi yang diangkatnya sangat banyak hal yang bermanfaat.

Salah satunya informasi umum hingga khusus terkait pengembangan smart City yang telah diterapkan di berbagai Kota salah satunya di Kota Makassar.

“Selamat atas promosi Doktor bagi mantan Wali Kota Tangerang. Bagaimana smart city di Tangerang juga berkolaborasi dengan masjid yang ada di kota Makassar dan tadi kami melihat ada beberapa indikator-indikator yang menjadi indikator utama yang ada di kota Makassar sebagaimana informasi sebelumnya juga beberapa minggu lalu Makassar berhasil juga meraih masjid index kembali hanya 3 kota termasuk Jakarta,” ucap Firman.

Hal ini menjadi salah satu indikator  terwujudnya Makassar sebagai Smart City.

Kata Firman, smart city ini pun bisa dilihat dari beberapa fasilitas yang ada di Makassar bahwa ada beberapa ruang-ruang publik yang sudah menjadi transparansi seperti misalnya fasilitas umum dan fasilitas-fasilitas yang lainnya.

Seperti, sudah ada pemanfaatan sistem sebanyak ribuan CCTV disana begitupun juga dengan beberapa sisi yang mendorong wisata dan juga dengan beberapa aplikasi-aplikasi dari pemerintah kota Makassar ataupun aplikasi dari swasta.

Dimana aplikasi itu yang membantu masyarakat kota Makassar dalam menjalankan baik itu usaha-usahanya ataupun menjalankan aktivitas sehari-hari dalam melaksanakan kegiatan.

Diketahui, Arief Rachadiono Wismansyah melalui disertasinya berhasil meraih nilai sangat memuaskan. Ia resmi menyandang gelar Doktor dalam Bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *