Denda Tilang di Makassar Tahun 2016 mencapai 1,4 Milyar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR -Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari hasil denda tilang atau pelanggaran lalu lintas di kota Makassar mencapai Rp. 1,4 Milyar. Denda ini diperoleh sejak bulan januari hingga oktober 2016.

Hasil denda tilang ini meningkat sejak berlakunya sistem pembayaran denda tilang secara online melalui Bank Rakyat Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Petugas Tilang, Kejaksaan Negri Makassar, Andi Arly.

“memang ada perubahan, dari segi pemasukan Negara juga mengalami peningkatan. Sistem ini juga mulai dimengerti oleh masyarakat, jadi tingkat pelanggaran juga berkurang.” Ujar Andi Arly.

Petugas Tilang Kejari Makassar, Andi Arly memperlihatkan bukti surat pembayaran denda tilang yang disetor oleh pihak BANK BRI.
Petugas Tilang Kejari Makassar, Andi Arly memperlihatkan bukti surat pembayaran denda tilang yang disetor oleh pihak BANK BRI.

Sistem pembayaran denda tilang melalui online ini sudah berlaku sejak awal tahun januari 2016. Pemberlakuan sistem pembayaran online ini, sebagai bukti bahwa pihak Kejaksaan tidak menerima dan menghindari adanya pungutan liar (pungli).

Kasi Pidana Umum Kejari Makassar, Andi Usama menghimbau kepada pelanggar agar menghindari calo dan sebaiknya mengikuti sidang untuk mengetahui denda tilang. Jadi masyarakat bisa membayar denda tilang melalui pembayaran di bank atau ATM melalui nomor rekening 005001000026308. Selanjutnya, slip pembayaran dari bank bisa disetor ke petugas tilang untuk memperoleh surat tanda nomor kendaraan (STNK).

“sebaiknya para pelanggar itu ikut sidang, jangan lewat calo. Mending ikut sidang, karena putusan hakim beda-beda dan seringkali lebih rendah dendanya.” Jelas Andi Usama.

(SEN)

PEMKOT-Makassar