26 Desa Gelar Pilkades Serentak di Wajo Tahun Ini

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Setelah melakukan pemilihan  Kepada Daerah (Pilkades)  secara serentak pada tahun 2015, Pemerintah Kabupaten Wajo kembali mengelar Pilkades gelombang kedua secara serentak tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa , Syamsul Bahri megatakan, desa yang akan melaksanakan pemilihan  tahun 2017 ini sebanyak 26 desa. Terbagi  atas  14 desa hasil pemekaran, 8 desa berakhir masa jabatan kepala desanya, 3 desa dimajukan pemilihannya, dan 1 desa yang kepala desanya meninggal dunia.

Desa yang akan melaksanakan pemilihan ini  berada di  9 kecamatan, yakni, kecamatan Sabbangparu (2 desa), Pammana (2 desa), Takalalla (1 desa) Bola (1 desa), Belawa (1 desa), Tanasitolo (2 desa), Pitumpanua (13 desa), Penrang dan Keera ( masing-masing 2 desa).

Pilkades  serentak untuk gelombang kedua diperkirakan terselenggara sebelum pertengahan tahun, dan sejauh ini pemerintah daerah tengah melakukan persiapan, termasuk menyusun agenda tahapan pemilihan seperti yang dilakukan sebelumnya pada gelombang pertama.

“Prosesnya tak jauh berbeda dengan Pilkades  lalu. Begitupun regulasinya tidak terlalu alami pergeseran. Jelasnya, untuk saat ini kita rencanakan Pilkades terlaksana sebelum pertengahan tahun, namun tentu jadwal fixnya menunggu petunjuk dari Pak Bupati,”Jelas Syamsul Bahri.(*)

 

PEMKOT-Makassar