Lomba Kesenian Tradisional di Hut Sidrap

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Sebanyak enam kecamatan tampil mengikuti lomba kesenian dimalam pertama Lomba Kesenian Festival Budaya Tradisional yang di pusatkan di pelataran Pantai Kering (Panker), Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Senin (13/2/2017) malam.

“Kecamatan yang tampil mengikuti lomba tersebut adalah Kecamatan Wattangpulu, Baranti, Maritengngae, Tellulimpoe, Wattang Sidenreng dan Pituriase,” ungkap Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Nurkanaah.

Adapun jenis lombanya yakni, busana adat, simponi kecapi, lagu dan tarian daerah. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun Kabupaten Sidrap ke-673.

“Disamping itu, kita juga merefleksikan kecintaan dan kebanggan kita dalam membangkitkan budaya tradisional sebagi warisan budaya dan jati diri kita sebagai warga bumi Nene Mallomo Kabupaten Sidrap,” lanjut Nurkanaah.

Untuk itu, dengan adanya lomba kesenian budaya tradisional ini kita dapat melestarikan budaya tradisional yang dijadikan sebagai warisan yang sangat tinggi.

“Oleh karena itu, mari kita majukan kembali budaya tradisional yang dilandasi dengan nilai-nilai kesadaran dan menjadikan budaya lokal keagamaan sebagai benteng untuk menyelamatkan generasi muda terhadap ancaman budaya Global yang Kapitalistik dan Liberalistik serta Hidonistik dewasa ini,” tutupnya.(*)

 

PEMKOT-Makassar