Di Tangan RMS, Sidrap Urutan Pertama Literasi di Sulsel

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM.COM, MAKASSAR – Kabupaten Sidrap menjadi terbaik pada tingkat budaya membaca dan menulis atau litarasi di Sulawesi Selatan. Setidaknya hal itu terlihat dari peringkat tingkat nasional yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan dan Kebudayaan di mana Sidrap menempati urutan ke empat secara nasional.

Secara nasional  Sidrap menempati urutan ke empat di bawah Kabupaten Bandung Barat dan Lumajang. Akan tetapi untuk kategori provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Sidrap menempati urutan pertama jika dilihat dari peringkat yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan RI. Sidrap menempati urutan ke empat dengan nilai 0,3752 persen dengan kategori penilaian A. Sama dengan empat kabupaten lainnya.

Atas pencapaian secara nasional ini tak lepas dari peran Bupati Sidrap Rusdi Masse yang intens mengawasi dan menjadikan Sidrap sebagai daerah di mana tingkat pendidikan lebih diutamakan. Bupati Sidrap Rusdi Masse mengatakan, peringkat ini menandakan bahwa nasional melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan telah mengakui Sidrap sebagai satu satunya daerah di Sulsel yang intens membangun sumber daya manusia. ‘Apalagi sejak beberapa tahun terakhir ini memang nasional menjadikan Sidrap sebagai percontohan nasional’ ungkap RMS.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sidrap Nur Kana’ah mengatakan tahun lalu, Dinas Pendidikan Sidrap memang telah  menerapkan sistem literasi 15 menit membaca bagi seluruh siswa di sidrap sebelum masuk memulai belajar.

“kelompok masyarakat telah kami terapkan sistem literasi dengan aktif melakukan literasi di public space’  Nur Kana’ah.

Jika tak ada aral melintang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI akan mengundang  Bupati Sidrap sebagai penerima penghargaan literasi terbaik di Indonesia urutan ke 4. (*)

 

Andi Muhammad Fadli