Terapkan Program Budaya Baca, Kab Wajo Tempati Urutan Kedua Literasi di Sulsel

Andi Burhanuddin Unru, Bupati Wajo.
Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM,MAKASSAR – Kabupaten Wajo menempati urutan kedua terbaik setelah Kabupaten Sidrap, pada tingkat budaya membaca dan menulis atau lietarasi di Sulawesi Selatan. Hal itu terlihat dari peringkat tingkat nasional yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan dan Kebudayaan di mana Kabupaten Wajo menempati urutan ke 17 secara nasional tingkat kabupaten kota se-Indonesia.

Wajo menempati urutan ke 17 dengan nilai 0,1396 persen atau berada di Urutan kedua tingkat bupaten kota di Sulawesi Selatan.

Terkait hal ini Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru melalui Kepala Dinas Kominfo Hasri As mengatakan bahwa predikat tersebut tak lepas dari
komitmen pemerintah daerah untuk mensukseskan program budaya baca, salah satunya melalui gerakan budaya baca yang telah dicanangkan oleh Bapak Bupati Wajo pada Hari Pendidikan Nasional 2016 lalu.

Lanjut Hasri As mengatakan saat ini pemerintah kabupaten wajo telah menerapkan mewajibkan sekolah melakukan 15 menit membaca sebelum pembelajaran.

“Sesuai dengan Permendiknas, maka yang akan kita lakukan secara lebih tegas adalah mewajibkan sekolah melakukan 15 menit membaca sebelum pembelajaran. Insya Allah kita optimis menjadikan Kabupaten Wajo sebagai kabupaten literasi,”harapnya saat dihubungi Suaracelebes.com melalui via whatshApp, Selasa (14/03/2017). (*)

Andi Muhammad Fadli