banner dprd mkassar

TP PKK Makassar Bawa Warisan Budaya Sulsel ke Panggung Nasional

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, SOLO – TP PKK Kota Makassar kembali mengharumkan daerah dengan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di panggung nasional.

Kali ini, TP PKK Kota Makassar tampil memukau dalam lomba paduan suara pada gelaran Jambore Nasional PKK dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK Tingkat Nasional di Gedung Kesenian Taman Balekambang, Solo, Selasa (14/5/2024).

Ajang bergengsi ini diikuti oleh berbagai TP PKK dari seluruh Indonesia, yang masing-masing menampilkan kreativitas dan kekayaan budaya daerahnya.

TP PKK Kota Makassar tidak hanya tampil dengan suara merdu, tetapi juga dengan aksesoris khas Sulsel yakni Saloko atau bando bagi perempuan, dan Passapu atau Patonro yang merupakan penutup kepala bagi laki-laki.

TP PKK Kota Makassar menyuguhkan penampilan yang memukau dengan membawakan lagu Mars PKK dan lagu medley Sulsel yakni, Kanrejawana Jumpandang yang mewakili suku Makassar, Tomepare yang mewakili suku Toraja, serta lagu Mappadendang yang mewakili suku Bugis.

Melalui paduan suara ini, mereka tidak hanya bersaing untuk meraih gelar juara, tetapi juga memperkenalkan dan melestarikan warisan budaya Sulawesi Selatan kepada khalayak luas.

Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail pun menyampaikan rasa bangganya atas penampilan terbaik yang dipersembahkan oleh timnya.

“Kami ke sini ingin memperkenalkan lebih jauh lagi identitas budaya Sulawesi Selatan melalui setiap penampilan kami. Lomba paduan suara ini adalah salah satu cara kami untuk menunjukkan bahwa Sulsel itu kaya akan budaya dan seni yang luar biasa,” ujarnya.

Penampilan TP PKK Kota Makassar berhasil memikat hati juri dan penonton dengan lagu-lagu daerah yang sarat akan nilai-nilai tradisional.

Tidak hanya teknik vokal yang apik, harmoni yang ditampilkan juga menunjukkan latihan keras dan dedikasi tinggi dari seluruh anggota tim.

“Semoga kita semua dapat terus melestarikan budaya masing-masing dan menunjukkan kebersamaan dalam keberagaman,” jelas Indira.

Partisipasi TP PKK Kota Makassar dalam lomba paduan suara ini merupakan bagian dari upaya lebih luas untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Sulawesi Selatan di kancah nasional.

Kegiatan Jambore Nasional Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Nasional di Solo sendiri berlangsung meriah dengan berbagai lomba dan pameran yang menampilkan produk-produk unggulan dari seluruh Indonesia.

Event ini menjadi ajang bagi para peserta untuk saling bertukar informasi dan memperkuat jaringan kerja sama dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *