Jelang Dilantik, Ini Profil Pengurus DPD Pemuda Tani HKTI SulSel Priode 2021-2026

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR –   Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulawesi Selatan segera menggelar Pelantikan pengurus pada hari selasa 15 Juni 2021 di Hotel La’riz Whtree Makassar.

Adapun profil pengurus pemuda tani HKTI Sulsel diantaranya :

Ketua dewan pimpinan daerah Pemuda Tani HKTI SulSel Rachmat Sasmito, S.T., M.Si. Alumni Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin ini lebih karib disapa Kak Mito oleh sejawab dan rekan-rekannya. Memulai karir sebagai Konsultan Bank Dunia untuk program Basic Education Project (BEP) sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Pemerintah Kabupaten Jeneponto sejak tahun 2003 hingga sekarang.

Kaka Mito bukanlah orang baru di dunia aktivisme. Sejak masuk menjadi mahasiswa pada tahun 1995, beliau sudah menduduki jabatan mentereng di lembaga kemahasiswaan. Di lembaga intra kampus, pernah menjadi Kabid Pengkaderan HMM FT-UH, berlanjut sebagai Kabid Pengkaderan FT-UH. Sementara di lembaga ekstra kampus, Kaka Mito pernah aktif di HMI sebagai Kabid Kekaryaan Korkom HMI Unhas Cabang Makassar, serta Kabid Kekaryaan HMI Cabang Makassar Timur.

Semangat aktivisme Kaka Mito tak pernah lekang meski telah meninggalkan dunia kampus. Tercatat, beliau malang melintang di berbagai OKP dan menduduki posisi strategis seperti Ketua BMI Jeneponto, Wakil Ketua MPC PP Jeneponto, Wakil Ketua IKA TM-UH, Wakil Ketua KNPI Sulsel, Plt Ketua KNPI Jeneponto, Wakil Ketua AMPI Sulsel, dan Plt Ketua AMPI Jeneponto.

Pria kelahiran Kolaka, 10 Januari 1977 ini menikah dengan seorang perempuan yang berlatar belakang pendidikan pertanian, Nur Qalbi Madjid, S.P., M.P., mungkin ini pula yang menarik minat Kaka Mito untuk menggeluti dunia pertanian hingga mengantarkannya menjadi Sekretaris Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Jeneponto, bahkan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pemuda Tani HKTI Provinsi Sulawesi Selatan 2021 – 2026.

Posisi Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pemuda Tani HKTI Provinsi Sulawesi Selatan 2021 – 2026 diduduki oleh seorang aktivis muda, Baihaqi Zakaria, S.Si. Pria kelahiran Salaka (Takalar), 03 Juni 1991 ini berlatar belakang pengusaha muda. Saat ini, Baihaqi adalah Direktur Pirus Nusantara, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ekspor, impor dan distribusi.

Kecintaannya pada dunia pertanian tumbuh seiring dengan aktivitasnya sebagai agropreneur. Baihaqi diamanahi sebagai Penanggung Jawab Pengembangan Kedelai Nasional Kabupaten Takalar yang merupakan program kerjasama pemerintah dengan PT. DNM. Pada saat yang sama, Baihaqi juga menjalankan peran sebagai Distributor Pembenah Tanah Poskha dan SP 36 dari CV. Tani Subur Perkasa.

Pria lajang yang hobi membaca, memancing dan bercanda ini menjalani kesehariannya di Lompo, Kelurahan Salaka, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar dengan tak lupa menjalankan peran sebagai Sekretaris Koperasi Pemasaran Agro Muda Mandiri yang mulai dijabatnya pada awal tahun 2021.

Semasa kuliah di Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar, lelaki yang lahir dan besar dari keluarga berlatar Muhammadiyah ini sempat menjadi Ketua Umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Kajian Ilmiah Mahasiswa Bertakwa (LKIMB) UNM masa bakti 2012-2013, lalu diamanahi sebagberlaai Ketua Forum UKM Se-UNM pada tahun 2013. Di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), jebolan pesantren Al Qamar Takalar ini pernah menduduki Ketua HMI Komisariat FMIPA UNM, dan Sekretaris Umum HMI Cabang Makassar.

Saat ini, selain berkecimpung di dunia agropreneur, Baihaqi juga menghabiskan waktunya mengabdi kepada umat melalui organisasi front Syarikat Islam Indonesia dengan menjadi Koordinator Wilayah Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Sulawesi Selatan dan Ketua II Pimpinan Wilayah Pemuda Muslimin Indonesia Sulawesi Selatan.

Sedangkan untuk bendahara Lebih beken disapa Batti’, pria kelahiran Desa Waetuo, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, Palopo 18 Agustus 1979 ini bernama lengkap Bahtiar Manadjeng, S.P. Berlatar pendidikan S1 Fak Pertanian Juruan Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman, Batti’ diamanahi Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Sulawesi Selatan periode 2021 – 2026.

Dunia pertanian bukan area baru bagi Batti, semasa kuliah pernah menjabat sebagai Sekertaris Umum BEM Fak Pertanian dan Kehutanan Unhas (1998-1999), lalu naik jabatan menjadi Ketua Umum BEM Fakultas Pertanian dan Kehutanan Unhas (1999-2000). Bahkan saat ini, Batti’ menjabat sebagai Sekertaris Umum PISPI (Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia) BPW Sulsel (2019-2024).

Di luar kampus, sebagai aktivis Batti’ membaktikan diri pada Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) Komisariat Malangke, juga di PP PEMILAR. Selain itu, Batti’ juga aktif di Himpunan Mahasiswa Islam sebagai Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda HMI Cabang Makassar Timur (2001 – 2002).

Suami dari Sarinah Thamrin yang punya hobi membaca, dengar musik, wisata alam (jalan-jalan ke gunung dan pantai), serta wisata kuliner Tana Luwu (Pocco, Lawa, Dange & Kapurung) ini sementara berupaya mewujudkan cita-citanya menjadi petani sukses dengan berkarir di PT Syngenta Indonesia sebagai Farmer Support Team area Sulawesi (2006-2011), Pimpinan PT Syngenta Indonesia (2011-2018) area Sulawesi, dan Pimpinan PT Syngenta Seed Indonesia (2018-sekarang) area Sulawesi & Kalimantan.

Saat ini lelaki yang bermotto Mimpi Diperjuangkan Bukan Dimimpikan ini telah menggeluti beberapa usaha yang terhimpun dalam bendera Tisar Group yang bergerak dibidang perikanan, peternakan, pertanian dan perkebunan.(*)

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC