Dalami Kasus Penjualan Aset di Kabupaten Takalar, Kejati Periksa Sekda Takalar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Nirwan Nasrullah memenuhi panggilan tim penyidik Kejaksaan Tinggi Sulselbar, siang 14/10/2016. Nirwan Nasrullah diperiksa terkait proses administrasi terbitnya izin prinsip yang dikeluarkan oleh Bupati Kabupaten Takalar, Burhanuddin Baharuddin.

Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin menerangkan bahwa tim penyidik memanggil sekda sebagai saksi untuk mengetahui alur administrasi penerbitan izin prinsip yang keluar pada tahun 2015. Pasalnya berdasarkan fakta yang ditemukan di lapangan, Izin Prinsip tersebut keluar setelah sejumlah dokumen seperti Akta Jual Beli ( AJB ) dan Sporadik sudah ada, dimana status tanah tersebut sangat jelas adalah tanah negara.

“jadi begini, sekda dipanggil sebagai saksi karena penyidik ingin tahun bagaimana alur administrasi penerbitan izin prinsip. Kenapa izin prinsip keluar padahal sudah jelas tanah itu tanah negara dengan ditemukannya sejumlah AJB dan Sporadik yang terbit ditahun 2014.” ujar salahuddin

Sementara itu, saat dikonfirmasi secara terpisah Sekretaris Daerah Pemkab Takalar, Nirwan Nasrullah membenarkan adanya pemeriksaan terhadap dirinya, sekaitan dengan kasus dugaan korupsi penjualan aset daerah berupa tanah di kabupaten Takalar. Namun, Nirwan enggan menyebut secara rinci materi pemeriksaannya.

“iya benar diperiksa. tapi terkait materi pemeriksaan saya tidak bisa berkomentar.” kata Nirwan

Tim penyidik masih akan memanggil sejumlah saksi terkait kasus yang disinyalir merugikan negara 16 Milyar rupiah. Adapun fakta yang berhasil ditemukan oleh penyidik kejaksaan ialah adanya dugaan permainan oknum kecamatan bersama dengan oknum desa yang melakukan penjualan tanah kepada perusahaan asing di daerah laikang Kecamatan mangngarabombang, Kabupaten Takalar. (SEN)

PEMKOT-Makassar