Taufan Pawe : Banyak Dokter Ahli Ingin Bekerja Di RS dr Hasri Ainun Habibie

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, PAREPARE — Gaung Rumah Sakit Regional dr Hasri Ainun Habibie (HAH) di Kota Parepare sudah menjadi perbincangan hangat.Sejumlah dokter ahli nasional bahkan ingin bekerja dan mengabdi di rumah sakit yang namanya diambil dari ibu negara presiden RI ke 3.

Hal tersebut disampaikan Walikota Parepare dalam sambutannya saat puncak Hut Parepare yang ke 60 dan peresmian dokter RS dr HAH. Hal ini diungkap Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe dalam sambutannya, Sabtu, 14 Maret 2020.

“Sudah ada lima dokter ahli yang mendaftar di Rumah Sakit Regional dr Hasri Ainun Habibie. Ada yang dari RS Siloam Makassar, ada dari Surabaya. Ada yang ahli bedah saraf dan ahli neurologi,” ungkap Taufan Pawe di hadapan Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah dan ribuan undangan.

Sementara ketersediaan tenaga dokter di Parepare saat ini ada 54 orang. Mulai dokter spesialis, dokter subspesialis, dokter gigi, dan dokter umum.

“Saya punya mimpi tower RS dr HAH selanjutnya dilengkapi fasilitas teknologi modern. Karena saya bermimpi semua sirene ambulans dari utara dan timur Sulsel terhenti di Parepare. Tidak ada lagi rujukan ke Makassar,” harap wali kota bergelar doktor ilmu hukum ini.

Saat ini dari bantuan Pemprov Sulsel, RS dr HAH sudah memiliki mobil ambulans canggih dan modern serta kapal motor ambulans laut.

“Pada masanya kita akan punya ambulans helikopter, karena sudah tersedia helipad di bagian paling atas RS dr HAH,” lanjut Taufan yang disambut aplaus Gubernur dan undangan yang hadir.

Gubernur Nurdin Abdullah siap mensupport kelanjutan RS dr HAH, karena dirancang memiliki tiga tower dengan segala perlengkapan dan peralatan medis yang canggih dan modern.

“Kita belum berikan bantuan sekarang karena masih menunggu apa-apa kebutuhan RS dr HAH. Karena jangan sampai kita berikan ternyata masih ada kebutuhan lanjutannya. Jadi nanti sekalian kita berikan saat semuanya sudah lengkap,” janji Gubernur yang putra Parepare ini.

Bantuan keuangan dari Pemprov Sulsel untuk pembangunan RS dr HAH pada 2019 senilai Rp75 miliar. Itu dengan rincian Rp60 miliar untuk struktur bangunan, Rp10 miliar untuk alat kesehatan (Alkes), dan Rp5 miliar untuk mobiler.

RS dr HAH yang berkonsep medical tourism dibangun berlantai tujuh dilengkapi dengan sarana dan fasilitas kesehatan modern.

Seperti dua buah lift dan tangga eskalator yang menghubungkan lantai 1, 2, dan 3. Untuk layananan kesehatan ada 14 poliklinik, 4 ruang operasi elektif, 2 kamar operasi emergensi, 206 tempat tidur untuk rawat inap,22 kamar VIP, 6 kamar VVIP, dan 2 kamar suite room. Itu ditunjang dengan berbagai fasilitas modern sesuai kelasnya. (*)

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC