DPD Pemuda Tani HKTI Sulsel Dilantik, Ini Harapan Ketua Umum DPP

Pemkot Makassar SC

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tugas Pemuda Tani HKTI adalah meningkatkan regenerasi – generasi pertanian, artinya, bagaimana memberi edukasi kepada anak muda tentang pertanian, sehingga generasi pertanian kita berpikir untuk bisa menggenjot pertanian itu melalui berbagai inovasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Rina S. Adisurya, Lc., M.Si. seusai melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pemuda Tani HKTI Provinsi Sulawesi Selatan periode 2021-2026, Selasa (15/06/2021) siang di La’riz Whtree Hotel, Makassar.

Di hadapan tamu undangan, Rina melanjutkan, “Jika sebelumnya banyak singgung bahwa anak-anak muda banyak tidak tertarik menjadi petani, saya berharap dengan adanya Pemuda Tani HKTI para anak muda berlomba-lomba dan termotivasi menjadi petani. Kita berharap anak-anak muda bisa mengembangkan pertanian.”

Selain itu, Rina yang juga Komisaris BRI Agro menegaskan komitmen Pemuda Tani dalam mendukung upaya mengatasi berbagai masalah dan mendorong transformasi pertanian ke arah yang lebih profesional dan berdaya.

“Di sini kita mencoba terus menciptakan dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan pertanian. Teman-teman pemuda jangan patah semangat, jika tidak ada modal untuk mengembangkan pertanian, di sini kita gandeng pihak-pihak yang siap membantu petani. Ada BRI Agro, Ada Tanifund.” Lanjutnya.

Sementara itu, Ketua DPD Pemuda Tani HKTI Sulsel yang baru saja dilantik, Rachmat Sasmito, S.T., M.Si., mengungkapkan bahwa momentum pelantikan adalah langkah awal, “Ibarat tangga, ini tangga pertama.”

Selain itu, Rachmat juga menegaskan bahwa Pemuda Tani HKTI memegang peranan penting untuk menggerakkan regenerasi pelaku pertanian di Sulawesi Selatan.

Dalam kepengurusannya, Rachmat Sasmito, S.T., M.Si. didampingi oleh Baihaqi Zaqaria, S.Si. sebagai Sekretaris dan Bahtiar Manadjeng, S.P. selaku Bendahara, serta enam orang Wakil Ketua Bidang.

Pelantikan dihadiri oleh Plt. Gubernur Sulsel yang diwakili oleh Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Prov Sulsel, Dr. Andi Ardin Tjatjo, M.P., Sekretaris HKTI Sulsel, Dr. Ir. H. Sudirman Numba, M.S., Wakil Ketua DPO Pemuda Tani HKTI Sulsel, Yasir Mahmud, S.E..

Juga turut hadir Ketua Dewan Pakar Pemuda Tani HKTI Sulsel, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., Sekretaris Dewan Pakar Pemuda Tani HKTI Sulsel, Marhamah Nadir, S.P., M.Si., Ph.D. serta tamu undangan dari berbagai organisasi kepemudaan dan profesi pertanian.(*)

PDAM Makassar
Pangkep SC