banner dprd mkassar

Galakkan Penelitian, Prodi Agroteknologi UMMA Kunjungi BPTPH Sulawesi Selatan

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Universitas mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang meliputi program pendidikan akademik, vokasi dan/atau profesi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pendidikan tinggi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, keagamaan, dan ilmu umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Program Studi Agroteknologi pada Fakultas Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan, Universitas Muslim Maros (FAPERTAHUT – UMMA), melakukan kunjungan studi ke Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Provinsi Sulawesi Selatan.

Kunjungan studi ini dalam rangka penelitian pada 3 laboratorium diantaranya: Laboratorium Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), Laboratorium Agensi Hayati dan Laboratorium Pengujian Pestisida serta Ruang Pembuatan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR).

Ketua Prodi Agroteknologi, Dr. Andi Herwati, S.P., M.Si., mengemukakan bahwa mahasiswa yang melakukan kunjungan ke Laboratorium BPTPH Sulsel tersebut merupakan mahasiswa semester 4 dan 6 pada Prodi Agroteknologi, FAPERTAHUT UMMA.

Ibu Andi Herwati turut serta dengan mendampingi 33 org mahasiswanya. Dia mengatakan, kunjungan ke laboratorium BPTPH Sulsel ini bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa di bidang mikrobiologi, terutama tentang mikroba yg ada pada tumbuhan dan dapat dijadikan sebagai pengendali hama dan penyakit tanaman.

“Selain itu, pemakaiannya tentu ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia sehingga lingkungan tetap terjaga dan lestari sebagaimana visi UMMA yang digaungkan selama ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ir. Muhammad AnwarS.Hut, M.P.IPU, selaku Kepala BPTPH Sulsel berharap agar mahasiswa UMMA yang melakukan kunjungan bisa dilanjutkan dengan status magang. Hal ini bertujuan agar para mahasiswa bisa mengetahui lebih jauh apa yang diteliti di laboratorium ini.

“Saya berharap agar mahasiswa UMMA dapat ditugaskan untuk magang di laboratorium kami. Mengetahui lebih jauh cara kerjanya mulai dari eksplorasi mikroba, menumbuhkan, dan memperbanyak mikroba sampai pada aplikasi ke tanaman. Memanfaatkan mikroba yang menguntungkan tanaman untuk meningkatkan produksi pertanian kita,” pungkasnya

Kegiatan penelitian yang berlangsung sehari itu, didampingi oleh masing-masing penanggung jawab laboratorium. Mereka dengan sabar membagikan ilmu dan memberikan pencerahan kepada Mahasiswa Prodi Agroteknologi FAPERTAHUT UMMA.

Sumber: Aswadi Hamid – Mahasiswa UMMA

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *